Entri Populer

Lordosis

Written By iqbal_editing on Rabu, 05 Oktober 2016 | 06.33


Lordosis

Lordosis adalah kelainan pada tulang belakang yang bentuknya bengkok ke arah depan.
Penyebab Lordosis
  • Kebiasaan buruk ketika duduk
  • Berat badan yang berlebihan sehingga tubuh tidak kuat dalam menahan berat badan
  • Kondisi tubuh yang sudah buruk sejak anak-anak
  • Melemahnya kesehatan tulang sehingga kepadatannya turun dan menyebabkan osteoporosis
  • Perubahan struktur tulang
Perawatan Lordosis
Pada beberapa kondisi khusus lordosis membutuhkan perawatan namun jika kondisinya tidak menimbulkan gangguan, maka perawatan bisa ditinggalkan. Penyakit lordosis yang telah parah bisa menyebabkan beberapa gangguan sepeti rasa sakit berlebih, sakit otot berlebih, susah buang air kecil dan besar, kejang otot serta kesemutan. Jika tidak segera diobati maka lordosis bisa semakin parah dan menimbulkan komplikasi. Beberapa jenis perawatan untuk lordosis yaitu:
  • Penggunaan obat untuk mengurangi rasa sakit
  • Latihan yoga untuk membuat tubuh lebih fleksibel, rileks serta lebih santai.
  • Melakukan terapi untuk memperbaiki kondisi punggung bagian bawah
  • Jika disebabkan oleh berat badan tubuh, maka anda bisa mengurangi berat badan anda melalui diet
Resiko Lordosis
Bagi penderita yang menderita keluhan akibat lordosis dapat melakukan perawatan seperti:
  • Bagi seorang atlet, lordosis dapat menyebabkan penurunan prestasi karena dapat membuat terjadinya gangguan gerakan
  • Gerakan tubuh yang menjadi terbatas akibat kondisi lordosis
Bagi penderita yang tidak mengalami keluhan, maka bisa meninggalkan perawatan.

Faktor Penyebab Kelainan Tulang Belakang

  1. Salah posisi duduk
Penyebab paling banyak yang dialami oleh seeorang dengan kelainan tulang belakang adalah karena kebiasaan duduk yang salah. Kebanyakan orang tidak mau ambil pusing dalam menata bagaimana dia sebaiknya duduk. Sejak kecil, banyak yang telah membiasakan duduk dengan membungkuk, memiringkan badannya ke kekanan, miring kekiri atau bahkan duduk dengan membungkukan tubuhnya ke belakang.
Cara duduk salah yang dilakukan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan gangguan berupa bengkoknya tulang belakang. Duduk yang benar adalah dengan menegakkan posisi badan dan tidak cenderung membengkokkannya pada satu sisi arah tertentu.
sponsored 
  1. Faktor keturunan
Kelainan tulang belakang yang dialami oleh orang tua dapat menurun kepada anaknya. Ketika gen orang tua yang memiliki kelainan tulang belakang lebih dominan, maka gangguan ini dapat menurun pada anaknya.
  1. Faktor penyakit
Kelainan tulang belakang pada seseorang ternyata dapat pula disebabkan oleh infeksi dari kuman penyakit tertentu.
  • Polio. Penyakit ini disebabkan oleh virus polio. Penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi yang dilakukan ketika masih bayi. Lakukan pencegahan sejak awal untuk menghindari kelumpuhan.
  • Sifilis. Penyakit ini biasanya berasal dari orang tua yang menularkannya pada anak saat berada di dalam kandungan. Penderita sifilis biasanya mengalami layu semu.
  • Artritis Artritiss dibagi menjadi 2 yaitu artritis yang disebabkan oleh peradangan sehingga menyebabkan sendi terinfeksi dan bernanah serta artritis sika yang membuat sendi kering akibat kehabisan cairan sinovial.
  1. Faktor kecelakaan
Kecelakaan dapat membuat tulang patah jika tekanan atau benturan yang dialami terlalu keras. Terutama bagi orang yang telah berusia lanjut, maka tulang mereka lebih rapuh sehingga lebih mudah patah terlebih jika mereka juga menderita osteoporosis. Jika tulang yang patah tidak segera ditangani dengan baik, bisa menyebabkan kelainan pada tulang.
Dalam merawat tulang yang patah, sebaiknya lekas ditangani melalui ahli profesional serta melakukan istirahat total sehingga tulang bisa lekas sembuh

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik