Entri Populer

hubungan gigi dan penyakit lambung

Written By iqbal_editing on Sabtu, 17 Desember 2016 | 21.05

Hubungan Kesehatan Lambung dengan Kesehatan Mulut

Bau mulut yang tidak sedap seringkali dihubungkan dengan kesehatan lambung. Sebenarnya, adakah hubungan kesehatan lambung dengan kesehatan mulut? Sebenarnya anggota tubuh merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa dipisah-pisahkan. Sehingga jika ada salah satu bagian tubuh yang terganggu, maka bagian tubuh lainnya pasti akan ikut merasakan imbasnya. Begitupun juga dengan kesehatan mulut dan lambung.
Hubungan Kesehatan Lambung dengan Kesehatan MulutApabila kesehatan mulut menurun, maka kesehatan lambung bisa dipastikan akan turun juga, begitu juga sebaliknya. Lalu, seperti apakah hubungan kesehatan lambung dengan kesehatan mulut? Agar lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini :
  • Apabila kesehatan mulut menurun akibat konsumsi makanan yang mengandung kuman atau karena kesehatan gigi yang buruk, maka bisa mengganggu kesehatan lambung, seperti : infeksi lambung.
  • Apabila kesehatan mulut terganggu karena pencernaan kurang sempurna, maka kesehatan lambung akan ikut terganggu, misalnya menyebabkan penyakit maag.
  • Apabila kesehatan mulut terganggu akibat jenis makanan pedas, asam, atau terlalu berminyak, maka kesehatan lambung juga ikut terganggu, misalnya menyebabkan diare sampai kanker lambung.
Jadi, jika ditanyakan kembali, adakah hubungan kesehatan lambung dengan kesehatan mulut? Maka jawabannya adalah ada. Sebuah penelitian yang terbit di “British Journal of Cancer” menyebutkan fakta yang mengejutkan, bahwa bau mulut seseorang mengindikasikan bahwa orang tersebut mengalami gangguan kesehatan pada lambungnya. Gangguan yang umum menyebabkan bau mulut adalah kanker lambung. Seperti yang kita ketahui, bahwa penyakit kanker lambung merupakan jenis kanker yang cukup sulit didiagnosis secara efektif. Bahkan selama ini, penyakit kanker lambung baru bisa dideteksi setelah mencapai stadium lanjut. Kondisi ini tentunya membuat pasien terlambat untuk mendapatkan upaya penyembuhan.
Nah, agar mudah menganalisa kesehatan lambung Anda, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana kondisi lambung yang sehat. Lambung yang sehat adalah lambung yang bisa bekerja dengan normal dan tidak mengalami peradangan atau iritasi dan tidak terasa sakit ketika mencerna makanan. Beberapa gejala yang muncul akibat gangguan pada lambung, diantaranya adalah rasa nyeri yang hebat pada lambung, mual atau muntah yang menyebabkan mulut dan tenggorokan Anda terasa panas dan perih. Semoga informasi tentang hubungan kesehatan lambung dengan kesehatan mulut diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik