Entri Populer

Mengetahui penyakit dari jari kaki 2

Written By iqbal_editing on Sabtu, 03 Desember 2016 | 03.31

  1. yeri pada sendi jari kaki
    Apa artinya?
    Nyeri pada sendi-sendi jari kaki dapat merupakan pertanda Artritis Reumatoid. Nyeri sendi ini dapat terjadi pada sendi jari kaki dan tangan.
    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Artritis Reumatoid, Anda dapat membaca artikel : Apa Itu Penyakit Artritis Reumatoid?
    Petunjuk lain:
    Timbul rasa kaku dan bengkak biasanya muncul bersamaan ketika rasa sakit/nyeri sendi muncul. Nyeri yang timbul cenderung simetris, misalnya terjadi secara bersamaan di kedua jempol kaki atau di kedua jari telunjuk (tangan).
    Apa yang harus dilakukan?
    Segera lakukan pemeriksaan ke dokter bila Anda mencurigai bahwa Anda mengalami Artritis Reumatoid. Pengobatan penyakit ini seringkali terlambat. Pasien biasanya baru memeriksakan diri ke dokter setelah keluhannya semakin parah. Perlu diketahui bahwa pada kasus yang cukup parah, penyakit Artritis Reumatoid (AR) dapat menyebabkan kelumpuhan dan kecacatan. Beberapa pengobatan dan terapi dapat mengurangi rasa sakit, dan diagnosa dini dapat mencegah terjadinya kecacatan dan kelumpuhan.
  2. Terdapat lubang-lubang kecil pada kuku kaki Apa artinya?
    Ada kemungkinan mengalami psoriasis, yaitu penyakit kulit yang ditandai dengan timbulnya lesi kemerahan disertai sisik. Hampir setengah dari penderita psoriasis memiliki ciri yaitu terdapat lubang-lubang kecil pada kuku kaki dan tangannya. Lubang-lubang kecil tersebut cukup bervariasi, bisa agak tipis atau dalam.
    Petunjuk lain:
    Kuku kaki menebal, dapat juga berubah kekuningan atau kecoklatan. Buku jari yang terdekat dengan kuku juga cenderung kering, merah, dan meradang.
    Apa yang harus dilakukan?
    Segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah memang benar terdapat penyakit psoriasis. Pemeriksaan yang dilakukan sejak dini memungkinkan penyakit tersebut bisa segera diobati sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik.
  3. Kaki tidak bisa diangkat dan sulit untuk berjinjit Apa artinya?
    Kesulitan untuk mengangkat kaki dan berjinjit dapat merupakan pertanda adanya gangguan/kerusakan pada otot dan saraf pada kaki. Selain itu, bila Anda menjalani kemoterapi, obat-obatan kemoterapi juga dapat menjadi penyebab mengapa Anda kesulitan mengangkat kaki dan berjinjit.
    Petunjuk lain:
    Mungkin juga timbul rasa sakit dan mati rasa. Kadang-kadang, nyeri juga dirasakan pada kaki bagian atas atau tulang punggung bagian bawah. Dalam banyak kasus, kaki juga bisa sangat lemah sehingga tidak bisa digunakan untuk berjalan.
    Apa yang harus dilakukan?
    Periksakan ke dokter, karena gangguan ini bisa permanen, tergantung pada penyebab dan perawatannya.
  4. Kulit kaki kering dan terkelupas Apa artinya?
    Dapat merupakan tanda adanya infeksi jamur pada kulit kaki. Infeksi tersebut membuat kulit kaki menjadi kering, gatal, kemudian lecet, meradang, dan terkelupas. Infeksi ini juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.
    Petunjuk lain:
    Infeksi jamur ini biasanya muncul di antara sela-sela jari kaki. Bisa menimbulkan rasa yang sangat gatal sekaligus bau yang kurang sedap. Infeksi juga bisa muncul di bagian tubuh lain, karena ikut menyebar akibat digaruk.
    Apa yang harus dilakukan?
    Untuk kasus yang tidak terlalu berat bisa diatasi dan diobati sendiri dengan salep atau obat khusus antijamur. Biasakan untuk sering membasuh kaki, kemudian keringkan kaki secara menyeluruh. Jangan pernah membiarkan kaki dalam keadaan lembab karena dapat menjadi tempat subur bagi tumbuh kembang jamur. Jika dalam dua minggu tidak ada perbaikan, atau bahkan menjadi semakin parah, segeralah periksakan ke dokter.
  5. Terjadi perubahan warna pada kaki Apa artinya? Hal tersebut dapat merupakan pertanda adanya penyakit Raynaud. Penyakit Raynaud atau biasa juga dikenal dengan istilah fenomena Raynaud merupakan gangguan langka pada pembuluh darah (biasanya pembuluh darah pada jari kaki dan tangan), dimana terjadi penyempitan tiba-tiba pada pembuluh darah arteri yang disebut vasospasms. Penyempitan arteri tersebut terutama terjadi ketika si penderita mengalami stres atau sedang sakit. Ketika hal itu terjadi, darah tidak bisa sampai ke permukaan kulit, sehingga daerah yang terkena (daerah dimana terjadi penyempitan pembuluh darah) mengalami perubahan warna menjadi putih dan biru. Ketika pembuluh darah kembali ke kondisi normal, aliran darah menjadi semakin lancar dan kulit menjadi merah dan kembali ke warna semula. Dalam kasus yang cukup berat, kurangnya pasokan darah akibat menyempitnya pembuluh darah dapat menyebabkan timbulnya luka atau kematian jaringan. Penyebab pasti dari penyakit ini masih belum jelas diketahui.
    Petunjuk lain:
    Selain jari-jari kaki dan tangan, area lain yang juga sering terkena penyakit ini adalah hidung, bibir, dan telinga. Bagian kulit yang terkena akan terasa kaku. Wanita dan orang-orang yang tinggal di daerah dingin lebih sering terkena penyakit Raynaud tersebut. Penyakit ini biasanya muncul pada usia 30 tahun ke atas.
    Apa yang harus dilakukan?
    Ada hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri. Saat penyakit ini menyerang, segera rendam tangan dalam air hangat, pada saat cuaca dingin jagalah agar tangan dan kaki selalu hangat, dan hindari pemicunya seperti stres dan beberapa jenis obat tertentu.
    Untuk pengobatan penyakit ini, segera periksakan ke dokter. Penyakit Raynaud biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya, tetapi tidak berbahaya. Pada sebagian kecil orang, Raynaud adalah tanda penyakit autoimun yang bisa diobati. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan obat yang dapat melebarkan pembuluh darah, dan meringankan keluhan yang dirasakan.
  6. Telapak kaki terasa amat sakit saat berjalan Apa artinya?
    Hal tersebut dapat merupakan tanda terjadi fraktur (patah tulang) pada kaki. Rasa sakit ini dapat dirasakan pada seluruh bagian telapak kaki. Rasa sakit ini dapat muncul berulang-ulang. Penyebabnya bisa karena pernah terjadi cedera pada kaki akibat terjatuh atau karena hal lain. Bisa juga disebabkan karena kurangnya kepadatan tulang (osteoporosis) akibat kekurangan kalsium -terutama terjadi pada perempuan yang berumur lebih dari 50 tahun-, atau karena kasus malnutrisi lainnya, termasuk kekurangan vitamin D, terjadi masalah pada penyerapan kalsium, atau karena anoreksia.
    Petunjuk lain:
    Kaki terasa sangat sakit terutama bila digunakan untuk berjalan. Meskipun begitu, Anda masih bisa berjalan.
    Apa yang harus dilakukan?
    Periksakan ke dokter tentang semua sakit yang dirasakan
  7. Terdapat benjolan pada ujung jempol kaki Apa artinya?
    Dapat merupakan pertanda ada masalah paru-paru, termasuk fibrosis dan kanker paru-paru. Penyakit jantung dan gangguan pada perut juga bisa terjadi.
    Petunjuk lain:
    Tak hanya jempol kaki, jari-jari kaki lainnya juga dapat mengalami benjolan.
    Apa yang harus dilakukan?
    Perawatan bergantung pada penyebab, jadi laporkan gejala serius ini kepada dokter.
  8. Rasa Sakit dan linu pada Tumit Apa artinya?
    Kemungkinan terjadi peradangan jaringan ikat pada kaki. Selain itu, nyeri dan linu pada tumit juga bisa disebabkan karena Artritis, olahraga berlebihan, dan penggunaan sepatu (alas kaki) yang buruk (tidak nyaman). Kemungkinan lainnya juga bisa disebabkan karena adanya infeksi tulang, tumor, atau fraktur (patah tulang).
    Petunjuk Lain:
    Rasa sakit muncul ketika Anda menapakkan kaki di pagi hari dan dapat bertambah parah sepanjang hari. Rasa sakit biasanya terpusat di tumit namun dapat juga dirasakan pada bagian kaki lainnya. Rasa sakit dan linu semakin terasa ketika kaki digunakan untuk berlari dan melompat. Selain itu, keluhan nyeri dan linu juga bertambah parah bila penderita tidak menggunakan alas kaki atau hanya menggunakan alas kaki tipis (sandal jepit) saat berjalan, berlari, atau melompat.
    Apa yang harus dilakukan?
    Hentikan penggunaan alas kaki (sepatu atau sandal) yang tidak nyaman di kaki. Bila selama ini Anda adalah pengguna High Heels atau sepatu bertumit tinggi, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan penggunaan high heels tersebut. Penggunaan sandal yang terlalu tipis (seperti sandal jepit) sebaiknya juga dikurangi.
    Jika rasa sakit muncul lebih dari beberapa minggu dan terasa semakin buruk (semakin parah), segera periksakan ke dokter. Pastikan untuk meminta saran dalam menggunakan alas kaki yang tepat selama perawatan.
  9. Kaki bengkak Apa artinya?
    Kaki bengkak umum terjadi pada wanita yang sedang hamil, dan bukan merupakan pertanda adanya penyakit yang serius. Namun, bila Anda tidak sedang hamil, penyebab kaki bengkak mungkin disebabkan karena sirkulasi (peredaran darah) yang buruk (kurang lancar), adanya masalah pada sistem limfatik, atau terjadi pembekuan darah.
    Petunjuk lain:
    Penyebab lainnya juga dapat karena adanya gangguan ginjal atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.
    Apa yang harus dilakukan?
    Keluhan kaki bengkak dapat diringankan dengan cara meluruskan kaki atau mengangkat kaki ke atas. Namun, jika bengkak di kaki terjadi secara terus-menerus, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik