Entri Populer

pertolongan pertama asam lambung naik

Written By iqbal_editing on Sabtu, 03 Desember 2016 | 01.52

Berikut ini adalah tips pertolongan pertama jika asam lambung naik, tips berikut ini dapat meringankan asam lambung Anda dalam waktu yang singkat. Perlu di ingat bahwa tips ini hanya untuk meringankan gejala asam lambung tinggi, bukan untuk menyembuhkan atau cara mengobati asam lambung. Semoga dengan tips ini gejala yang menyiksa bisa sedikit berkurang.

Pertolongan Pertama Jika Asam Lambung Naik

Gejala yang sudah dijelaskan di atas mungkin membuat Anda merasa tidak tenang untuk bepergian dalam waktu lama, karena gejala asam lambung tinggi bisa datang kapan saja dan dimana saja. Mulai dari sekarang Anda tidak perlu panik, cobalah beberapa tips berikut ini:
  1. Perbanyak minum air putih dan jus yang mampu menetralisir asam lambung, berikut silahkan klik informasi minuman pereda asam lambung.
  2. Mengunyah permen karet kurang lebih 30 menit, penelitian telah menjelaskan bahwa dengan mengunyah dengan waktu tersebut dapat mengurangi gejala asam lambung naik, hal tersebut dikarenakan katika Anda mengunyah permen karet, maka akan membantu merangsang laju pelepasan air liur. Dengan begitu asam yang terkumpul dalam perut akan bersih dan tercuci habis dengan cepat. Jika asam dalam perut sudah hilang, maka gejala asam lambung pun akan berhenti.
  3. Sediakan pisang, buah yang memiliki rasa lezat sekaligus mengenyangkan ini ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan lambung. Buah pisang dapat menjadi antasida alami dengan cara melapisi dinding perut dan saluran cerna agar tidak terluka/teriritas oleh cairan asam lambung. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang cocok dengan buah pisang, jika satu kali mencoba dirasa tidak nyaman diperut, sebaiknya hentikan.
Cara lain untuk mengatasi asam lambung naik adalah dengan cara mengatur kembali pola hidup sehat, hindari sesuatu yang dapat menyebabkan asam lambung naik, seperti beberapa hal berikut ini:
  • Hindari konsumsi jeruk, cokelat, dan minuman yang mengandung kafein
  • Stop mengonsumsi alkohol
  • Hentikan kebiasaan makan tidak teratur
  • Hentikan makan dalam porsi besar, makanlah dalam porsi kecil namun sering
  • Hindari makanan-makanan pedas dan rasa asam
  • Hindari makanan-makanan berlemak
  • Kurangi makanan yang banyak mengandung bawang merah, bawang putih dan kacang-kacangan
  • Hindari minuman yang mengandungan soda, karena akan memperburuk kondisi asam lambung Anda

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik