Entri Populer

diet balita 2 tahun

Written By iqbal_editing on Senin, 09 Januari 2017 | 08.01

Diet sehat untuk balita 2 tahun sangat penting untuk menunjang masa pertumbuhan dan perkembangan. Dengan melakukan diet sehat, maka balita mendapatkan nutrisi yang cukup serta dapat terhindar dari obesitas dan berat badan berlebih. Balita pun dapat berkembang dengan normal dan maksimal. Yang terpenting bagaimana menjaga agar asupan nutrisi yang diberikan dalam porsi yang tepat. Nutrisi makanan yang diberikan berlebihan juga tidak baik untuk pertumbuhan anak.

Menu Diet Sehat untuk Balita 2 Tahun

Menu diet sehat untuk anak usia 2 tahun harus memenuhi pola makan empat sehat lima sempurna. Untuk makanan pokok, bisa dipilih makanan dari gandum. Menu yang dianjurkan dalam satu porsi adalah setengah gelas sereal, setengah cangkir nasi, setengah cangkir pasta atau satu potong roti. Makanan pokok ini bisa saling divariasikan supaya anak tidak bosan. Untuk balita usia 2 tahun, waktu makan sama dengan orang dewasa pada umumnya yakni tiga kali sehari.
Makanan pokok tentu harus divariasikan dengan lauk dan sayur. Untuk sayur, satu porsi bisa setengah gelas sayuran yang dipotong kecil dan telah dikukus agar lembut. Balita 2 tahun masih membutuhkan makanan yang lembut. Sayuran yang baik untuk balita 2 tahun terutama adalah brokoli, wortel dan bayam. Sayuran kaya akan vitamin dan mineral untuk pertumbuhan. Sedangkan untuk lauk daging, satu porsi diet sehat untuk balita 2 tahun adalah 2 ons daging yang empuk atau 1 butir telur. Lauk sangat penting untuk memenuhi kebutuhan akan protein yang berperan dalam pembentukan sel-sel tubuh.
Diet sehat yang kaya nutrisi juga harus memasukkan susu ke dalam menunya. Balita 2 tahun seharusnya meminum susu lebih sedikit dibanding saat masih usia 0-12 bulan. Hal ini karena balita 2 tahun sudah mulai memakan makanan tambahan lain selain susu. Untuk memenuhi asupan gizi sebaiknya berikan satu gelas susu sebanyak dua kali sehari. Selain susu, yoghurt atau makanan yang mengandung keju bisa menjadi variasinya.
Buah juga menjadi makanan yang wajib dalam diet balita 2 tahun. Buah mengandung banyak sekali vitamin serta serat yang bermanfaat untuk pencernaan anak. Satu porsi buah bisa satu jenis buah atau kalau dibuat jus sekitar tiga per empat gelas. Sebaiknya pilih buah yang alami daripada buah kaleng atau minuman jus kemasan. Buah yang baik untuk balita usia 2 tahun seperti alpukat, pir, pisang dan apel.

Tips Diet Sehat untuk Balita 2 Tahun

Tips lain untuk diet sehat balita usia 2 tahun menyangkut pemberian makanan selingan. Makanan selingan diperlukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi makanan pokok yang diberikan tiga kali sehari. Selain itu, makanan selingan dibutuhkan untuk mencegah anak merasa lapar dan membuatnya tetap berenergi.
Makanan selingan hendaknya diberikan dua kali sehari dengan selang sekitar 2 jam setelah makan pokok. Makanan selingan untuk balita 2 tahun yang sesuai seperti bubur kacang hijau, biskuit anak yang sehat ataupun kue seperti nagasari. Buah juga bisa dijadikan sebagai pilihan makanan selingan. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan air minum yang cukup untuk balita agar nutrisi yang diperoleh dapat mengalir ke seluruh sel tubuh. Dan akhirnya, selamat bagi anak Anda untuk mencoba menu dan tips diet sehat untuk balita 2 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik