Entri Populer

manfaatt hormon endorfin dalam seks

Written By iqbal_editing on Senin, 09 Januari 2017 | 08.00

Segar Bugar Berkat Seks
Hormon endorfin yang diproduksi saat berintim-intim bisa membuat tubuh lebih fit.
1. Mengurangi Stres
”Berhubungan seks secara teratur tak hanya membuat Anda lebih dekat dengan pasangan, tapi juga membuat fisik lebih sehat,” kata Dr. Hilda Hutcherson , profesor klinis kebidanan dan ginekologi dari Columbia University.
Hal ini diperkuat pernyataan profesor di bidang psikologi Stuart Brody, Ph.D., yang menyatakan hubungan seks sekali seminggu mampu mengelola stres. Pasalnya, hormon endorfin dan oksitosin yang dilepaskan selama berhubungan seks mengaktifkan pusat-pusat saraf di otak yang berhubungan dengan perasaan tenang. “Inilah yang bisa mencegah kecemasan dan depresi,” ujar Laura Berman, Ph.D .
Selain itu, berdasarkan penelitian State University of New York ditemukan pula bahwa wanita yang melakukan hubungan intim secara teratur menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda depresi. Kesimpulannya, seks dapat meningkatkan semangat dalam menjalani hidup.
2. Tidur Nyenyak
Menurut Cindy Meston M., Ph.D., psikolog seks di University of Texas, seks membuat pikiran santai dan tidur menjadi nyaman karena adanya pelepasan hormon endorfin. “Jika Anda sangat aktif melakukan hubungan seks, tubuh akan mendapatkan energi yang banyak. Maka, sebisa mungkin janganlah menunda seks,”
3. Redakan Nyeri
Rasa nyeri akan berkurang karena adanya hormon endorfin setelah terjadinya orgasme. Misalnya, migrain. Sebuah studi yang dilakukan di Headache Clinic di Southern Illinois University membuktikan bahwa separuh responden perempuan yang menderita migrain mengaku lega setelah mencapai klimaks.
Seks juga membuat tubuh kebal dari penyakit flu dan pilek. Pasalnya, orang-orang yang berhubungan seks memiliki antibodi yang lebih tinggi. Sebut saja, immunoglobulin A (IgA) yang membantu melawan penyakit dan menjaga tubuh tetap bugar.
Berhubungan intim juga menangkal rasa sakit karena sakit punggung, radang sendi, dan kram saat menstruasi. Oh ya, seks teratur pun akan membuat ingatan tetap kuat dan meningkatkan kesehatan panca indra.
4. Bakar Kalori
Tahukah Anda? Setiap kali Anda berhubungan intim sebanyak 85 – 250 kalori akan terbakar. Seks pun berguna menguatkan kerja otot. Namun, semua ini tergantung keaktifan Anda di ranjang dan berapa banyak posisi yang dilakukan saat berhubungan seks.
“Seks membakar antara 75 dan 150 kalori per setengah jam,” kata Desmond Ebanks, MD., yang kerap mempromosikan gaya hidup sehat ini. Hal ini sebanding dengan kegiatan fisik lain, seperti yoga yang membakar 114 kalori per setengah jam, menari yang menguras 129 kalori per setengah jam atau sesederhana berjalan yang bisa memangkas 153 kalori per setengah jam.
5. Awet Muda
Berdasarkan penelitian Royal Edinburgh Hospital di Skotlandia, perempuan yang melakukan hubungan seks sebanyak 4 kali seminggu terlihat 7 – 12 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya. “Seks memang dapat meningkatkan produksi estrogen yang membantu menjaga rambut dan kulit agar tetap cerah,” tutur Naomi Greenblatt , dokter yang mengkhususkan diri di bidang kesehatan wanita.
Eric Braverman, MD., pun memaparkan hal serupa, “Saat berhubungan seks, tubuh memproduksi hormon yang disebut DHEA (dehydroepiandrosterone ) yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan kulit yang lebih sehat, dan mengurangi depresi.”
Oh ya, seks juga membuat otot lebih lentur dan membebaskan Anda dari selulit. Menarik, bukan?
6. Panjang Umur
Salah satu penelitian di Irlandia menemukan fakta bahwa pria yang sering berhubungan seks bisa memiliki umur yang lebih panjang. Fakta lainnya, orang yang memiliki gaya hidup sehat cenderung lebih rajin berintim-intim.
Secara lebih spesifik, seksolog Gloria G. Bramer menuturkan seks dapat menurunkan kemungkinan kanker prostat pada pria dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Saat bercinta, seluruh tubuh bergerak, sehingga oksigen dan sirkulasi darah berjalan baik. Artinya, berhubungan seks akan meningkatkan kebugaran jantung, mengurangi stres, merangsang perasaan positif, dan memperkuat otot-otot panggul.”
7. Jantung Sehat
Pola makan bergizi seimbang akan menyehatkan jantung dan menurunkan tingkat kolesterol jahat. “Seks ternyata dapat meningkatkan denyut jantung dan aliran darah, lho!” ujar Dr. Ebanks dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health. “Peneliti menemukan bahwa melakukan hubungan seks dua kali atau lebih dalam seminggu akan mengurangi risiko serangan jantung.”
8. Minimalkan Inkontinensia
Inkontinensia adalah kondisi di mana seseorang tidak mampu menahan air kencing. Nah, rutin bercinta dan senam kegel dapat membantu meminimalkan gangguan ini. “Otot menjadi lentur dan mengencangkan otot-otot dasar panggul.” >>> Dapatkan GRATIS 2 ebook (Rahasia Vagina Sehat & Harum; Senam Kegel Dasar >>> klik http://www.senamkegel.com/ambil.php?id=kegel%2C

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik