Entri Populer

makanan untuk penderita pneunomia

Written By iqbal_editing on Senin, 09 Januari 2017 | 07.56

Daftar Makanan untuk Penderita Pneumonia

Daftar Makanan untuk Penderita Pneumonia

DISEBABKAN oleh bakteri, virus atau jamur, penyakit ini menyerang saluran pernapasan, memicu batuk, lendir berdarah, demam, menggigil, dan sesak napas. Untuk itu, perawatan yang tepat adalah hal penting yang perlu diperhatikan oleh mereka yang mengalami pneumonia.
Sementara makanan tidak menyembuhkan, makan sehat dan diet seimbang dapat membantu memastikan pemulihan penyakit. Makanan tertentu dalam diet terbukti bisa sangat bermanfaat, tetapi tetap konsultasi dengan dokter untuk mengetahui diet yang tepat untuk Anda.
Berikut adalah beberapa saran diet yang bisa bermanfaat baik untuk penderita pneumonia, seperti dilansir dari Livestrong, Rabu (5/8/2015).
Buah dan sayuran berwarna-warni
Buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah dan beragam adalah sumber antioksidan yang akan membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan diet ini juga dapat membantu mencegah komplikasi infeksi.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Public Health Nutrition pada 2010 yang melibatkan 1.034 wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi diet kaya buah-buahan dan sayuran tidak mudah mengembangkan infeksi saluran pernapasan, seperti pneumonia, selama kehamilan.
Makanan dari biji-bijian utuh
Makanan dari biji-bijian utuh (whole grain) memberikan karbohidrat, sumber bahan bakar utama tubuh Anda, serta sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Vitamin B dalam biji-bijian memainkan peran penting dalam produksi energi dan kontrol suhu tubuh, yang penting ketika Anda lelah dan demam.
Biji-bijian juga merupakan sumber selenium, yaitu mineral yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Contoh bahan biji-bijian utuh meliputi gandum dan beras merah yang bisa dimakan dalam bentuk sereal, roti, dan lainnya.
Makanan kaya protein rendah lemak
Protein memainkan peran penting dalam perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan tubuh. Pilih sumber protein rendah lemak jenuh, seperti kacang-kacangan, lentil, daging unggas tanpa kulit, dan ikan. Hindari sumber lemak jenuh, seperti daging merah dan daging olahan yang dapat meningkatkan peradangan.
Ikan air dingin, seperti salmon dan sarden, memberikan tubuh Anda jumlah protein dan lemak omega-3 yang tinggi, yang berperan sebagai anti-inflamasi yang dibutuhkan tubuh Anda.
Cairan tambahan
Jaga tubuh Anda tetap berhidrasi dengan baik untuk memulihkan kondisi pneumonia. The University of Maryland Medical Center merekomendasikan untuk minum enam sampai sepuluh gelas cairan, seperti air, jus, kaldu, dan teh per hari. Hindari minuman yang dapat memperburuk kondisi paru-paru dan tubuh Anda secara keseluruhan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik