Entri Populer

kandungan gizi pada havermoot

Written By iqbal_editing on Selasa, 17 Januari 2017 | 05.22

Hasil BW ketempat bunda dita yang rumahnya ada disini pagi ini, dan diakhir tulisan yang sedikit menyinggung tentang Outmeal/Havermuth saya jadi ingat pesan ibu saya untuk browsing-in dan mencari data tentang bolehkah outmeal ini untuk penderita diabetes militus. Siapa yang mengidap DM?? Yah bapak saya terkena DM sejak  beliau  mengalami pembedahan karena kanker pankreas, yang pada akhirnya berefek pada produksi hormon insulinnya.   Kejadian itu ketika saya duduk dibangku SMP pas berbarengan dengan ujian  EBTANAS SMP kala itu..masih ingat betapa sedihnya saya belajar tidak ditungguin bapak dan ibu yang harus berada di Rumahsakit, saat saya masuk ruang ujian dan bapak harus masuk ruang operasi untuk pembedahan, pemotongan usus dan juga pankreasnya. I still remember how sad that moment…Alhamdulilah, Bapak sembuh dan sehat sampai sekarang..terimakasih Ya Allah, semoga selalu sehat dan engkau berikan Panjang umur untuk Bapak.
Pertama saya mengenal outmeal  kapan yah?? Tidak jelas kapan  pastinya yang pasti sudah lama saya tahu tentang outmeal atau havermuth terutama yang branded “Qu*k*R*.  Kemudian lebih intens lagi mengenal outmeal ini  setelah  ada kinan, hasil dari browsing menyiapkan MPASInya kinan  pas berusia 6 bulan. Banyak yang merekomendasikan memberikan bubur outmeal untuk MPASI-nya.  Nah dari sinilah mulai mencari lebih lengkapnya tentang outmel atau havermunth ini. See my below screen, kandungan gizi yang ada didalam outmeal hasil browsing dari  web ini.
Fakta kandungan dalam outmeal
Dari kinan mulai MPASInya di usia 6 bulan saya sering membuatkan bubur outmeal dan disiram saus buah untuk kinan untuk sarapan paginya. Banyak ingredient saya variasikan untuk bubur outmealnya biar tidak bosan. Kadang saya campurkan kaldu ayam kampung atau kaldu daging saat membuat buburnya. Kemudian diberi parutan keju diatasnya. Begitu juga dengan saus buah untuk campuran di outmealnya tergantung ketersediaan buah dikulkas atau melihat kecenderungan kesukaan kinan saat itu.Alhamdulilah kinan lumayan suka, bahkan sampai sekarang untuk sarapan paginya dalam seminggu menunya  pasti ada outmeal untuk sarapan paginya. Karena alhamdulilah kinan dah bisa bicara dengan bahasa yang walaupun masih cedal tapi bisa bisa ditangkap dengan benar.Kadang dia sendiri yang minta sarapan pakai  outmeal, dia akan bilang sama Uti-nya  “dek nana mau utmel”  kalo ditanya dek nana mau sarapan apa? Sama Uti-nya.
sumber : internet
Beberapa waktu yang lalu saat browsing tentang sumber makanan atau nutrisi yang bagus  untuk otak  saya juga banyak menemukan outmeal ini disebutkan sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak balita. Berikut ini beberapa petikan dari kelebihan atau manfaat outmeal/havermuth yang saya dapatkan;
–   Oatmeal. Menurut Sarah Krieger, seorang pakar gizi di Florida, oatmeal adalah sereal favorit anak-anak yang sangat baik bagi kesehatan otak dan jantung mereka. Oats memberikan energi yang sangat baik alias bahan bakar untuk otak yang pertama kali dibutuhkan oleh anak-anak di pagi hari. Oat juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh kita dan otak berfungsi pada kapasitas penuh. Sumber dari sini. (Judul Artikel: Makanan untuk Memaksimalkan Kecerdasan Otak)
Havermut. Menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, havermut akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Havermut juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium,d an seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh. Kandungan vitamin E pada 250 gram havermut adalah 0,08 mg. Kandungan vitamin B 0,26 mg per 250 gram havermut dan seng 6,19 mg per 250 gram havermut. Sumber click disini
Balik lagi ke outmeal/havermuth dan manfaatnya untuk orang tua ternyata banyak sekali. Dan ternyata bagus juga  dikonsumsi untuk yang lanjut usia dan boleh untuk penderita Diabetes militus seperti bapak saya.  Berikut ini kurang lebih ringkasan Manfaat outmeal/havermuth untuk orang Dewasa.
 – Bubur havermut (oatmeal) sangat berguna untuk menurunkan kolesterol dan triglyceride. Selain itu bubur havermut juga sangat berguna bagi penderita diabetes dan untuk body slimming (melangsingkan badan).Bagi orang lanjut usia yang kotorannya cenderung keras, Havermut bisa membantu mencegah penyebab kemungkinan stroke, karena dapat memperlancar buang air besar dan mencegah ngeden yang kelewat kuat. Ngeden kelewat kuat bagi orang yang lanjut usia merupakan salah satu penyebab kemungkinan stroke.
 -Havermut atau oat (Avena sativa L). Havermut dalam bentuk bubuk untuk dimasak menjadi bubur sangat mudah diperoleh di supermarket. Umumnya havermut dikonsumsi sebagai bubur untuk sarapan pagi atau sebagai satu-satunya sumber gizi bagi manula. Sudah banyak bukti ilmiah dan empiris yang mendukung khasiat havermut untuk mengatasi penyakit-penyakit degeneratif seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Rahasia di balik khasiatnya adalah kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama avenantramida dan karbohidrat kompleks dalam bentuk beta-glukan.
Sumber : internet.
Ternyata begitu besar maanfaat si biji kecil outmeal ini. Dan baru ingat betapa waktu saya berpuasa di tanah rantau KSA beberapa tahun silam saya selalu melihat menu bubur outmeal/havermuth ini  dalam ada dalam menu buka puasa yang diberikan.  Seperti petikan yang saya temui saat browsing tadi ternyata memang bermanfaat banget bagi bagi yang menjalankan ibadah puasa. Apalagi sebentar lagi kan Ramadhan,bisa dicoba neh dirumah. Para ahli gizi banyak yang merekomendasikan konsumsi makanan  berserat tinggi untuk mempertahankan stamina tubuh selama berpuasa. Alasannya makanan yang mengandung serat tinggi akan dapat menyediakan energi lebih lama dibanding makanan berserat rendah, seperti nasi.Dari sekian banyak makanan berserat tinggi, salah satu yang terbaik adalah havermut atau oat (Avena sativa L). Havermut dalam bentuk bubuk untuk dimasak menjadi bubur.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik