Entri Populer

akibat kebiasaan gigit bibir muncul benjolan

Written By iqbal_editing on Selasa, 28 Februari 2017 | 09.20

*Usia Janin dalam Satuan Minggu

Pada Anak, Kebiasaan Gigit Bibir Bisa Picu Benjolan Seperti Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 22/01/2016 15:31 WIB
Pada Anak, Kebiasaan Gigit Bibir Bisa Picu Benjolan Seperti IniMucocele pada bibir bawah dan bawah lidah (Foto: AN Uyung P)
Jakarta, Kebiasaan menggigit bibir bawah sebaiknya dihindari. Gigitan yang mengenali kelenjar air liur bisa memicu kista yang berwujud benjolan kecil berisi air.

Benjolan yang muncul pada kelenjar air liur minor disebut sebagai mucocele, sedangkan yang terjadi pada kelenjar mayor disebut ranula. Mucocele bisa terjadi di bibir bawah, lidah, maupun pipi. Sedangkan ranula lebih sering ditemukan di dasar mulut, tepat di bawah lidah.

Mucocele biasanya berukuran antara 2-10 milimeter. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya meski pada beberapa kasus benjolan juga bisa semakin besar. Jika membesar, dokter bedah mulut harus mengambil kelenjar yang rusak dengan scalpel maupun dengan sinar laser.

Para ranula, benjolan yang tidak tertangani bisa menembus otot sehingga tampak dari luar yakni di bawah rahang. Kondisi ini disebut sebagai 'deep ranula' atau 'plunging ranula'. Pada kondisi tersebut, dokter perlu melakukan operasi yang lebih rumit.


Penyebab munculnya benjolan baik mucocele maupun ranula adalah trauma dan sumbatan batu. Trauma karena kebiasaan menggigit bibir termasuk salah satu penyebabnya. Sedangkan sumbatan batu terbentuk akibat dekalsifikasi atau penumpukan mineral kalsium dari air liur.

"Yang jelas jangan berusaha mengatasinya sendiri, misalnya menusuknya dengan jarum. Salah-salah nanti malah jadi infeksi," kata drg Pruput Dwi Mutiari, SpBM dari RSIA Grand Family, Jakarta Utara, Jumat (22/1/2016).

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik