Entri Populer

bayi kembar tapi memiliki warna kulit dan mata berbeda

Written By iqbal_editing on Rabu, 01 Februari 2017 | 14.26

Unik! Bayi Kembar Ini Punya Warna Kulit dan Mata Berbeda

Unik! Bayi Kembar Ini Punya Warna Kulit dan Mata Berbeda
Jakarta, Melihat dua anak ini, bisa jadi orang mengira mereka adalah anak dari keluarga yang berbeda. Apalagi, usia mereka sama. Tapi, tahukah Anda kalau dua bayi ini adalah saudara kembar?

Ya, dua bocah asal Illnois itu bernama Kalani dan Jarani. Si kecil Kalani mewarisi kulit ibunya, Whitney Meyer yang lebih terang. Sementara, saudaranya, Jarani mewarisi kulit gelap sang ayah, Tomas Dean.

Dilansir People, Whitney adalah keturunan kaukasian sementara Dean keturunan Afrika-Amerika. Di halaman Facebook-nya, Whitney mengunggah foto si kembar yang lahir pada April 2016 lalu. Tampak sekali perbedaan di antara keduanya.

"Kami kembar secara kromosom. Kalani (kiri) memiliki kulit yang terang dengan mata biru dan Jarani (kanan) memiliki kulit yang lebih gelap dengan mata cokelat. Ini jarang terjadi tapi amat luar biasa untuk dibagikan," tulis Whitney.

Umumnya, pasangan beda rasa memiliki kemungkinan 1 banding 500 untuk memiliki anak kembar dengan beda warna kulit. Kepada media lokal, KHQA, Whitney mengatakan tidak percaya melihat anak kembarnya lahir dengan warna kulit dan mata berbeda.

"Saya berusaha percaya meski ini memang langka. Saya pun tak pernah berpikir ini akan terjadi pada anak kembar saya. Ya, anak kembar beda ras. Saat ini, Kalani tumbuh jadi anak yang energil dan sudah merangkak sementara Jarani senang makan dan belum merangkak," tutur Whitney.

Baca juga: Kisah Sedih di Balik Foto Mempesona Sepasang Bayi Kembar

Terkait anak kembar beda warna kulit, Dr Claire Steves dari The Department of Twin Research & Genetic Epidemiology King's College London mengatakan beberapa gen memang mengendalikan warna kulit. Pada anak kembar, belum tentu mereka berbagi gen tersebut sepenuhnya. Perbedaan warna kulit juga bisa terjadi karena adanya perubahan saat anak mengalami perkembangan di rahim.

"Namun, bisa juga ada perubahan pada satu atau beberapa gen yang mengontrol warna kulit setelah terjadi pemisahan di awal perkembangan janin, yang disebut mutasi somatik. Atau kadang-kadang, penanda DNA yang memengaruhi sejauh mana DNA berperan, bisa berbeda di antara si kembar," terang Steves, dikutip dari Daily Mail.

Kemungkinan lain yang membuat si kembar memiliki warna kulit berbeda yakni kondisi lingkungan. Misalnya ada paparan sinar matahari berlebih atau ada kondisi yang memengaruhi sel berpigmen. Tapi, kata Steve, ini jarang terjadi.

"Saudara kembar beda kulit amat jarang terjadi. Sebab, umumnya anak kembar memiliki warna kulit dan warna mata yang sama, apalagi jika orang tuanya memang berasal dari ras yang sama," tutur Steve

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik