Entri Populer

kondisi lansia boleh donor darah

Written By iqbal_editing on Minggu, 19 Februari 2017 | 17.03

Donor darah merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang membutuhkan darah Anda. Pakar mengatakan siapa saja sejatinya boleh melakukan donor darah, meskipun usianya sudah tergolong tua.

Dr Steven Kleinman dari The American Association of Blood Banks mengatakan memang dulu ada peraturan internasional yang melarang orang-orang dengan usia di atas 65 tahun untuk mendonorkan darah mereka. Namun peraturan tersebut sudah dicabut pada tahun 1978 setelah ditemukan bukti tidak ada perbedaan antara darah orang tua yang sehat dengan orang yang lebih muda.

"Tidak ada perbedaan, orang tua maupun yang lebih muda bisa mendonorkan darah mereka, kecuali jika memang mereka memiliki kondisi-kondisi medis yang membuat mereka tidak bisa mendonorkan darahnya," tutur Dr Kleinman, dikutip dari NY Times.


Meski begitu, tetap ada persyaratan umum yang harus dipenuhi sebelum seseorang boleh mendonorkan darahnya. Misalnya seperti bebas dari penyakit infeksi seperti hepatitis, HIV serta gangguan irama jantung. Pasien penyakit kronis lain seperti kanker, jantung dan demensia juga tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya.

Persyaratan lainnya yang harus dipenuhi adalah memiliki berat badan minimal 49 kilogram, tidak menggunakan narkotika serta pengobatan seperti anticoagulant dan infus.

Jika ingin mendonorkan darah dalam waktu dekat, yang pertama tak boleh terlupakan adalah perhatikan asupan gizi Anda terlebih dahulu. Ini penting sebab kualitas dan kuantitas sel-sel darah, serta kondisi tubuh secara keseluruhan, dipengaruhi oleh asupan Anda.

Dikutip dari Red Cross Blood, jika Anda berniat untuk donor darah sebaiknya konsumsi asupan-asupan kaya zat besi seperti daging merah, ikan, daging ayam, bayam, serta sereal yang diperkaya zat besi dan kismis. Sebaliknya, hindari mengonsumsi asupan tinggi lemak seperti gorengan sebelum pergi donor darah.

Jangan lupa juga untuk istirahat cukup dan tidak bergadang pada malam sebelumnya. Istirahat yang cukup tentu berkaitan dengan sistem metabolisme tubuh yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik