Entri Populer

hbungan batu ginjal dan jantung

Written By iqbal_editing on Kamis, 09 Maret 2017 | 02.29

\Kristalisasi endapan di ginjal yang umum disebut batu ginjal hingga sampai saat ini belum pasti apa penyebabnya. Namun ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi. Seperti misalnya saja diet tinggi kalori, obesitas, dan sindrom metabolik semuanya diketahui bisa semakin mempertinggi kemungkinan batu ginjal.

Dr Lu Qi dari Tulane University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa faktor risiko tersebut serupa untuk kondisi lain yaitu penyakit jantung. Oleh karena itu ia melakukan penelitian untuk mengetahui apakah seseorang yang memiliki sejarah batu ginjal juga bisa memiliki risiko sakit jantung.


Dengan mengkaji tujuh studi sebelumnya yang melibatkan lebih dari 800 ribu orang, Qi dan rekannya menemukan ada hubungan potensial antara batu ginjal dengan sakit jantung. Setelah mempertimbangkan faktor usia, gaya hidup, dan tingkat kolesterol hasilnya diketahui risiko penyakit jantung pada orang yang punya sejarah batu ginjal bisa meningkat hingga 23 persen.

Qi mengatakan bahwa studi yang telah dipublikasi di jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology ini masih membutuhkan penelitian lanjutan.

"Studi ini masih bersifat mengamati saja. Perlu investigasi lebih jauh untuk mendemonstrasikan apakah hubungan yang ada ini merupakan sebab-akibat," kata Qi seperti dikutip dari Reuters, Rabu (31/8/2016).

Pesan yang dapat diambil untuk saat ini para pasien batu ginjal waspada saja terhadap gejala untuk penyakit jantung. Lakukan cek kesehatan rutin sebagai langkah pencegahan terjadinya keparahan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik