Entri Populer

tips menghindari menahan pipis saat kencing

Written By iqbal_editing on Kamis, 09 Maret 2017 | 02.37

Menahan pipis adalah kebiasaan yang sangat tidak dianjurkan. Namun dalam kondisi tertentu seperti saat terjebak macet, seseorang kadang tidak punya pilihan selain menahan pipis sampai benar-benar kebelet.

Kebiasaan menahan pipis terlalu lama, menurut dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU dari RS Mayapada Lebak Bulus bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Oleh karenanya, ia menyarankan untuk sebisa mungkin menghindari kondisi yang mengharuskan seseorang untuk menahan pipis.

"Cara terbaik adalah mencegah agar jangan sampai kebelet. Prediksi kalau bakal melewati jalur macet, jangan terlalu banyak minum sebelumnya," saran dr Akbari dalam perbincangan dengan detikHealth, Rabu (8/3/2017).


Tentu saja tidak ada larangan untuk minum, sebab bagaimanapun hidrasi tetap dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Termasuk pada pagi hari, rasanya tidak mungkin sarapan dilakukan tanpa disertai dengan minum.

"Kalau harus sarapan, usahakan kira-kira satu jam sebelum berangkat. Jadi ketika harus kena macet, sudah sempat pipis sebelumnya," jelas dr Akbari.

Infeksi saluran kemih merupakan keluhan umum yang ditandai dengan nyeri saat buang air kecil. Biasanya bermula dari radang, yang kemudian menjadi pintu masuk bagi kuman-kuman yang ada di sekitar saluran kemih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik