Entri Populer

HUBUNGAN ASI DAN KESEHATAN MENTAL ANAK

Written By iqbal_editing on Sabtu, 25 Maret 2017 | 00.42

Manfaat menyusui selama ini lebih sering dikaitkan dengan penurunan risiko dari berbagai jenis penyakit. Nyatanya, dokter mengungkapkan bahwa menyusui juga membantu menyehatkan mental anak lho.

Demikian disampaikan oleh pakar laktasi dari Sentra Laktasi Indonesia (SELASI), dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM, dalam workshop jurnalis 'Infant and Young Child Feeding' yang diadakan di Intercontinental MidPlaza Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Menurut dr Utami, hasil penelitian yang dilakukan di Inggris, Amerika Serikat dan Australia menemukan adanya kaitan antara pemberian ASI dengan kesehatan mental anak. Salah satunya disebutkan bahwa anak yang disusui lebih dari empat bulan lebih jarang gelisah.


Seiring pertambahan usianya, anak yang disusui juga lebih jarang mengalami gangguan perilaku. Risiko anak mengalami gangguan emosi dan hiperaktif saat berusia lima tahun juga mengalami penurunan jika disusui.

Saat anak berusia 14 tahun, ditemukan hubungan bahwa ada penurunan risiko masalah internal seperti menarik diri, gangguan psikosomatik, depresi dan gangguan sosialisasi, dengan pemberian ASI saat ia masih bayi.

"Jadi manfaat menyusui itu bukan sekadar mencegah penyakit ini itu, tapi juga untuk kesehatan mental anak. Ini luar biasa kan," imbuh dr Utami.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik