Entri Populer

jam tidur ibu dibandingkan ayah ketika punya bayi

Written By iqbal_editing on Sabtu, 04 Maret 2017 | 16.21

Keluhan kurang tidur bisa dialami ibu setelah memiliki anak. Nah, studi membuktikan bahwa ini memang terjadi terlebih untuk para ayah, jam tidur mereka tidak terpengaruh bahkan setelah memiliki anak.

Adalah peneliti dari Georgia Southern University's Jiann-Ping Hsu College of Public Health yang membandungkan kebiasaan tidur wanita yang sudah dan belum memiliki anak. Survei melalui telepon dilakukan terhadap 5.800 pria dan wanita. Mereka ditanyai tentang kebiasaan tidurnya.

Para responden ditanyai durasi tidur malam dan dalam sebulan, berapa hari mereka merasa lelah. Ketua penelitu yang merupakan asisten profesor, Kelly Suliban mengatakan durasi tidur malam 7 jam atau kurang dialami 48 orang wanita dengan anak dan 62 persen wanita tanpa anak.

"Kemudian, wanita yang memiliki anak mengaku lelah selama 14 hari dalam sebulan. Sementara, mereka yang belum punya anak mengaku lelah selama 11 hari dalam sebulan," tutur Sulivan, dikutip dari Essential Baby.

Baca juga: Begini Cara Membagi Tugas Mengasuh Anak Setelah Perceraian

Dalam studi yang melibatkan 3.000 wanita itu, memiliki anak disebut menjadi satu-satunya faktor yang berhubungan dengan kurangnya jam tidur. Menurut Sullivan, setiap anak di ruman meningkatkan kemungkinan kurang tidur pada ibu sampai 50 persen.

Bagaimana dengan para ayah? Sullivan mengatakan memiliki anak tidak berdampak pada durasi tidur malam para ayah. Soal mengapa ini bisa terjadi, Sullivan tidak bisa menjelaskan penyebab pastinya. Namun, menurut catatannya karena wanita menyusui sehingga mereka cenderung harus lebih sering bangun, termasuk di malam hari.

Kepada CBS News, direktur Sleep Centre at Children's Hospital of Philadelphia, Jodi Mindell menyarankan orang tua untuk berbagi tugas termasuk mengurus anak. Tujuannya, agar kedua belah pihak bisa mendapat waktu tidur yang cukup.

"Tidak harus 50-50, yang penting Anda berbagi. Tentu saja, kurang tidur bukan sebuah kompetisi. Tapi, membicarakan apa strategi yang bisa dilakukan agar ayah dan ibu mendapat jam tidur cukup penting dilakukan," tutur Mindell.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik