Entri Populer

nutrisi gizi anak pada penderita HIV

Written By iqbal_editing on Sabtu, 04 Maret 2017 | 20.59

, Nutrisi gizi dibutuhkan oleh setiap anak untuk tumbuh kembang. Nah, bagi anak dengan HIV perlu diberi tambahan gizi. Untuk apa?

"Nutrisi tambahan penting buat anak dengan HIV-AIDS. Karena banyak anak dengan HIV tanpa orang yang mengasuh yang sangat kekurangan nutrisi," kata dr Abraham Simatupang dari Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Lebih lanjut, dokter yang akrab disapa dr Bram ini mengatakan anak dengan HIV biasanya akan mudah terserang infeksi karena kurangnya nutrisi dan daya tahan tubuh. Misalnya anak mengalami radang paru-paru.

"Jadi harus ada tambahan gizi, misalnya dengan susu. Tapi susu juga harus disesuaikan. Makanya itu anak dengan HIV biasanya tumbuh lebih lama," sambung dokter yang juga menjadi relawan dokter di Lentera Anak Pelangi (LAP).

Hal itu ia sampaikan di sela-sela acara Pameran Foto HIV: One Child One Life Project di Kunstkring Art Galery, Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3/2017). Selain itu, dr Bram mengingatkan pentingnya pemberian obat ARV (antiretroviral) sebagai perawatan lain bagi anak dengan HIV.

"Anak dikasih obat agar menekan virus dan daya tahan tubuhnya naik, sehingga nggak rentan. Orang dengan HIV-AIDS (ODHA) biasanya meninggal karena infeksi penyakit bukan HIVnya," pungkas dr Bram.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik