Entri Populer

Kata Dokter tentang Orang yang Hidup dengan Satu Ginjal

Written By iqbal_editing on Selasa, 28 Maret 2017 | 06.25

Karena tidak tega melihat orang terkasih bolak-balik ke rumah sakit untuk cuci darah, akhirnya seseorang mendonorkan satu ginjalnya. Bagaimana hidup orang yang hanya memiliki satu ginjal?

Donor organ memang tidak mudah. Harus dilihat kecocokan organ yang didapat dengan yang bersangkutan. Namun jika ada yang mendonorkan ginjalnya untuk orang terkasih, apa dampak bagi hidupnya?

"Manusia masih bisa hidup hanya dengan satu ginjal. Kalau katanya akan jadi lebih mudah lelah, saya kira ini sugesti saja," kata dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU dari RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dalam perbincangan dengan detikHealth.

Orang dengan satu ginjal, lanjutnya, masih bisa beraktivitas seperti biasa. Satu ginjal tidak menghalangi seseorang untuk tetap bekerja seperti biasa, juga berolahraga.


"Pesan saya, gaya hidup diperhatikan. Jadi benar-benar menjalankan gaya hidup sehat. Minum air putih cukup, kurangi konsumsi obat yang memicu gangguan ginjal, olahraga teratur. Harapannya malah bisa mengubah gaya hidupnya jadi lebih sehat," tutur dr Akbari.

Terkait donor ginjal, menurut dr Akbari, aturannya ketat. Hal ini menyusul kabar jual-beli organ belakangan ini.

"Kebutuhan transplantasi meningkat, namun donor memang kurang. Mungkin solusinya donor bisa dari keluarga, misal dari suami ke istrinya, dari anak ke ibunya, dan seterusnya yang masih ada relasi keluarga," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik