Entri Populer

penyebab disarankan gosok gigi 30 menit setelah makan

Written By iqbal_editing on Jumat, 24 Maret 2017 | 03.05

Menggosok gigi setelah makan selalu dianjurkan oleh orang tua sejak zaman dahulu. Alasannya, agar makanan yang baru selesai dimakan tidak tertinggal di gigi dan menyebabkan gigi bolong dan rusak.

Padahal menurut penelitian terbaru, menggosok gigi langsung setelah makan memiliki efek buruk, yakni mempercepat pengeroposan gigi. Beberapa makanan yang tinggi kandungan asamnya seperti soda, jeruk, lemon, minuman olahraga dan tomat, dapat membuat enamel gigi melunak. Jika langsung disikat, gigi pun akan lebih mudah bolong dan keropos.

"Sebaiknya tunda waktu menyikat gigi Anda, minimal 30-60 menit setelah makan," tutur Howard R. Gamble dari Academy of General Dentistry, dikutip dari Health.com.

Baca juga: Jangan Malas! Jarang Ganti Sikat Gigi, Juga Bisa Picu Bau Mulut
Dikutip dari Times of India, Dr Anurag Singh, dari Max Superspeciality Hospital Saket, New Delhi, mengatakan jeda 30 menit setelah makan memiliki efek penting, yakni menetralkan asam yang ada di mulut. Ketika asam sudah netral, risiko enamel melunak dan mengeropos ketika disikat pun berkurang.

"Yang tak kalah penting, pilihlah sikat gigi yang lembut dan jangan menyikat gigi terlalu kuat. Kesalahan seperti ini dapat berisiko menimbulkan iritasi pada gusi dan gigi," kata Singh.

Dr Mervyn Druian dari London Centre for Cosmetic Dentistry, mengatakan hal yang sama. Orang tua sebaiknya tidak lagi mengajarkan anak untuk sikat gigi langsung setelah makan, namun tunggu hingga 30-60 menit.

Ia juga menyoroti kebiasaan beberapa orang yang minum air hangat plus air lemon di pagi hari, kemudian menyikat giginya langsung setelah minum 'ramuan' tersebut. Hal itu juga sama buruknya dengan langsung menyikat gigi sesaat setelah sarapan.

Jika menggunakan pasta gigi berfluoride, Druian menyarankan untuk tidak langsung berkumur-kumur, setidaknya ludahkan dulu sisa busa pasta gigi di mulut, lalu tunggu beberapa menit baru kemudian berkumur. Cara ini bertujuan untuk memaksimalkan kerja fluoride pada gigi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik