Entri Populer

TRIK MEMPERKENALKAN PASTA GIGI LEWAT CERITA DAN DONGENG

Written By iqbal_editing on Senin, 20 Maret 2017 | 22.53

alam mengajarkan sesuatu pada anak, diperlukan cara yang kreatif agar anak tidak bosan dan tertarik mempelajarinya. Termasuk juga saat Anda ingin mengajarkan anak menyikat gigi.

Menurut psikolog klinis anak, Vera Itabiliana, Psi., pekerjaan anak utamanya adalah bermain. Oleh sebab itu, jika ingin mengenalkan anak pada sesuatu hal yang baru, ada baiknya orang tua mencari cara yang menyenangkan dan tak jauh dari bermain.

"Misalnya lewat permainan, musik atau tontonan edukatif. Bisa juga melalui cerita. Cerita kan tak perlu modal banyak, tapi dampaknya dalam sekali," tutur Vera dalam peluncuran 'Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo' di Hotel Mulia, Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Baca juga: Yuk Kenali Aneka Penyebab Sariawan pada Anak

Ia menyebutkan, mengajak anak bertualang melalui cerita petualangan misalnya, merupakan salah satu cara menyenangkan yang bisa digunakan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak

"Selain itu, anak yang memang sedang berkembang daya imajinasinya menyukai cerita fabel atau objek bentukan imajinasi lainnya, hewan kan dibuat berperilaku seperti manusia sehingga memudahkan orang tua untuk menanamkan nilai-nilai perilaku pada anak," imbuhnya.

Cara seperti ini menghindarkan anak dari rasa bosan dan merasa digurui. Anak juga mudah terhibur dan rasa empati pada anak pun akan muncul dengan sendirinya.

Salah satu cerita yang bisa dibacakan pada anak adalah 'Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo', yang diisi dengan kisah-kisah unik Mama Sigi dan Pepo bersama sejumlah karakter hewan. Kisah-kisah mereka menyampaikan pesan ajakan menyikat gigi malam sebelum tidur pada anak-anak. Kisah Mama Sigi dan Pepo ini hadir dalam 21 cerita berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik