Entri Populer

alasan luka pada anak lebih cepat sembuh daripada orang tua

Written By iqbal_editing on Kamis, 20 April 2017 | 04.13

Jika anak kecil terluka, lukanya akan lebih mudah sembuh ketimbang luka pada orang dewasa, apalagi pada orang yang sudah tua. Mengapa bisa demikian?

Indra Bachtiar, PhD, peneliti stem cell di Bifarma Adiluhung menjelaskan stem cell di tubuh manusia berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Saat stem cell di tubuh jumlahnya banyak, maka akan membuat luka lebih mudah sembuh.

"Pada saat manusia lahir, jumlah stem cell yang dimiliki 1/10 ribu. Saat remaja, 1/100 ribu. Saat usia 30 tahun, 1/250 ribu. Saat usia 50 tahun, 1/400 ribu. Dan saat usia 80 tahun adalah 1 per 2 juta," terang Indra dalam media workshop 'Stem Cell Technology for A Better Life' dan grand launching Regenic, laboratorium stem cell milik anak perusahaan Kalbe di Novotel Hotel, Golf Estate Bogor Raya, Bogor, Jawa Barat, dan ditulis pada Minggu (9/3/2014).

"Karena itu anak kecil lebih cepat sembuh, sedangkan pada nenek lebih susah sembuh," sambung Indra.

Karena semakin bertambah usia stem cell semakin berkurang, maka para ilmuwan pun mencoba melakukan terobosan. Ilmuwan menumbuhkan stem cell di laboratorium, sehingga kemudian bisa ditambahkan ke dalam tubuh seseorang. Dengan demikian bisa dilakukan produksi dan perbaikan jaringan dan organ baru untuk menggantikan yang rusak karena cedera atau penyakit. Stem cell juga bisa digunakan untuk memperbaiki jaringan dengan cara menstimulasi sel yang sudah ada di dalam tubuh.

"Sumber stem cell ada di semua organ tubuh, tidak hanya di tali pusat. Ada stem cell kulit, stem cell sum-sum tulang belakang, stem cell lemak, dan lain-lain. Beda sumber, beda kapasitasnya," terang Indra.

Dijelaskan Indra, ada 3 jenis stem cell dewasa. Pertama, hematopoietic stem cells (HSC) yang fungsinya untuk pembentukan darah, seperti pembuluh darah, darah putih, dan darah merah. Sumber HSC dari darah tali pusat dan darah tepi.

Kedua, mesenchymal stem cells (MSC) yang fungsinya untuk pembentukan jaringan, seperti jaringan tulang, liver, dan lain-lain. Sumber MSC dari sum-sum tulang belakang, jaringan adipose, dan tali pusat. Ketiga, neural stem cells (NSC) untuk pembentukan otak, di mana berguna untuk mengobati penyakit parkinson dan neurodegeneratif. Sumber NSC dari otak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik