Entri Populer

hal yang perlu diperhatikan ketika mengajarkan anak masak

Written By iqbal_editing on Minggu, 23 April 2017 | 15.53

, Memasak bisa menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan orang tua bersama anak. Namun, demi alasan keamanan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

"Memasak bersama anak boleh banget. Tapi anak di bawah usia enam tahun ada hal yang harus diperhatiin yaitu safety first," ucap psikolog anak dan keluarga, Gisella Tani Pratiwi MPsi saat ditemui detikHealth dalam Lomba Memasak yang digelar SGM Eksplor Buah dan Sayur di PAUD Tunas Bangsa, Cipete, Jakarta Selatan, Sabtu (22/4/2017).

Sehingga, wanita yang akrab disapa Ella ini menyarankan orang tua hanya meminta anak untuk membantunya mengambil sayur atau memetik sayur yang tidak memerlukan penggunaan pisau dapur. Sebab, pisau masih berbahaya untuk anak di bawah usia enam tahun.

Sedangkan penggunaan pisau boleh digunakan oleh anak di usia enam tahun yang sudah memiliki perkembangan motorik kasar. Namun tentu hal tersebut tetap dilakukan di bawah pengawasan orang tua.

"Pakai diajarin pelan-pelan dan pisaunya juga yang nggak lancip ujungnya yang rada tumpul untuk anak-anak. Yang paling penting dilakukan bersama orang tua ya," sambung wanita berambut pendek ini.

Ella mengatakan orang tua mesti yakin terlebih dahulu apakah anak sudah dapat mengontrol dirinya dan sudah patuh pada orang tua sebelum menggunakan pisau. Jika masih ada rasa ragu, sebaiknya orang tua menunda membolehkan anak menggunakan pisau.

"Kalau gitu orang tua yang kerjain biar anak lihat saja. Memang di dapur yang paling diperhatiin pisau sama api. Jadi kalau anak mau coba harus sama orang tua," imbuh Ella.

Ella menjelaskan, jika anak mau mencoba menggunakan pisau, orang tua harus mengingatkan sebelumnya jika ia ingin melakukan itu, mesti bilang dulu pada sang Bunda. Selain itu, orang tua juga baiknya siap saat anak sudah ingin mencoba-coba memakai pisau atau melakukan hal lain di dapur yang cenderung berisik

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik