Entri Populer

hbungan bersepeda di kantor dan manfaat buat jantung

Written By iqbal_editing on Kamis, 20 April 2017 | 23.43

Jenuh karena perjalanan ke kantor naik mobil selalu macet? Yuk naik sepeda! Selain lebih cepat, kebiasaan naik sepeda ke kantor juga bantu menurunkan risiko penyakit jantung lho.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ British, para peneliti menemukan bahwa kebiasaan bersepeda ke tempat kerja dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang cukup signifikan. Termasuk di antaranya penurunan risiko penyakit kanker hingga 45 persen dan penurunan risiko penyakit jantung 46 persen.

Dibandingkan dengan berjalan, penurunan risiko penyakit yang didapat dari bersepeda bahkan diketahui lebih tinggi. Tim menemukan bahwa kebiasaan berjalan menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 27 persen.



Dalam studi ini, tim peneliti melibatkan 264.377 orang responden dengan usia rata-rata 53 tahun, yang datanya merupakan bagian dari UK Biobank.

"Karena penelitian ini bersifat observasional, belum ditemukan kesimpulan yang dapat ditarik tentang sebab dan akibatnya. Namun hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan untuk memperbanyak waktu bersepeda," tulis peneliti, seperti dikutip dari Reuters.

Menurut Lars Bo Andersen, seorang profesor di Western Norwegian University of Applied Sciences, yang tidak terlibat langsung dalam penelitian tersebut, menuturkan bahwa temuan ini dianggap dapat memberikan manfaat positif guna meningkatkan aktivitas fisik masyarakat.

"Diharapkan secara signifikan hasil studi ini dapat mengurangi tingkat penyakit kronis. Mengganti dari mobil pribadi menjadi sepeda juga dapat menurunkan kemacetan dan membantu mengurangi polusi udara, yang bermanfaat juga bagi kesehatan secara keseluruhan," imbuh Andersen.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik