Entri Populer

normalkah keputihan pasca persalinan?

Written By iqbal_editing on Jumat, 21 April 2017 | 00.28

Pasca melahirkan, lumrah jika seorang wanita mengalami nifas. Tapi, bagaimana jika yang dialami adalah keputihan? Apakah itu normal?

"Habis melahirkan biasanya sih nggak ada keluhan keputihan ya. Yang ada darah nifas," ujar dr Noviyanti SpOG dari RS Mayapada Tangerang dalam Live Chat 'Keputihan dan Masalah Kewanitaan' yang digelar detikHealth dan detikForum di kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).


Jika ada keluhan keputihan yang terjadi, kata dr Novi mungkin keputihan muncul karena ibu kelelahan mengurus si kecil dan stres. Sebab, dalam kondisi lelah, tubuh akan mengeluarkan hormon stres atau kortiso; yang menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dan mengganggu keseimbangan pH vagina.

Akibatnya, terjadilah keputihan. dr Novi mengingatkan, harus diperhatikan apakah keputihan yang dialami berbau, gatal, kemudian berwarana kuning dan kehijauan. Jika iya, itu pertanda adanya infeksi di saluran reproduksi yang disebabkan oleh kuman, parasit, ataupun jamur.

Sehingga, menurut dr Novi ibu perlu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Ia menambahkan, keputihan berulang dan tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan radang panggu

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik