Entri Populer

kandungan gizi bubur manado

Written By iqbal_editing on Selasa, 11 April 2017 | 18.27

Manado terkenal dengan salah satu kudapannya yakni tinutuan atau disebut juga bubur manado. Nah, panganan ini bisa jadi menu sarapan dengan gizi yang cukup lengkap lho.

Prof Ahmad Sulaeman PhD dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan bubur manado merupakan makanan sepinggan yang cukup komplit. Untuk diketahui, makanan ini terbuat dari beras, jagung, dan ubi kayu yang dicampur dengan sayur seperti kangkung, bayam, dan kemangi, serta beberapa bumbu dapur.

"Sayur-sayuran di dalamnya seperti kita tahu mengandung serat tinggi, kaya akan antioksidan. Serat tinggi bisa memperlancar pencernaan dan baik untuk sistem cerna. Memang sebagian besar komponennya karbohidrat ya, ada protein sedikit di beras," kata Prof Ahmad di sela-sela 'Jelajah Gizi Bersama Sari Husada' di Manado, Sulawesi Utara baru-baru ini.

Untuk itu, menurut Prof Ahmad bubur manado ideal dijadikan menu sarapan dan baik untuk anak-anak. Apalagi, dalam seporsi bubur manado terkandung kurang lebih 250 sampai 300 kalori dan jumlah itu sudah bisa memenuhi kebutuhan asupan energi di pagi hari.

Baca juga: Keliru, Jika Penderita Diabetes Lebih Suka Bubur dan Lontong

Untuk membuat gizi bubur manado makin lengkap, menurut Prof Ahmad tak ada salahnya Anda menambahkan sebutir telur rebus atau satu buah telur dadar sebagai penambah sumber protein. Sayur-sayuran dalam bubur manado bisa jadi sumber serat.

Kemudian, beta karoten dan lycophene dalam sayuran yang digunakan bisa menjadi antioksidan sehingga dapat membantu kulit lebih halus. Selain itu, antioksidan tersebut juga baik untuk penglihatan, di antaranya membantu mencegah masalah penglihatan seperti mata buram dan katarak.

Fitokimia dalam kemangi misalnya, dikatakan Prof Ahmad bisa membantu mengurangi keluhan nyeri saat jelang mestruasi. Kemudian, kandungan asam oksalat juga bisa membantu proses metabolisme tubuh. Lalu bagaimana dengan kangkung, apakah bisa berpengaruh pada kadar asam urat?

"Memang terkandung purin di kangkung. Tapi buat yang tidak punya asam urat, makan sedikit aja nggak masalah ya, kecuali kalau sudah ada keluhan asam urat memang harus lebih hati-hati," papar Prof Ahmad.

Pria berkacamata ini menambahkan, bubur manado bisa jadi salah satu menu bagi ibu hamil dalam rangka mengenalkan sayuran pada buah hatinya. Mengutip sebuah studi di Jerman, Prof Ahmad mengatakan jika anak sudah dibiasakan makan sayur sejak kecil, kelak saat mendapat makanan pendamping ASI, ia akan doyan sayuran.

"Karena apa yang dimakan ibu kan bisa dirasakan oleh anaknya di dalam kandungan. Jadi kalau ibu biasa makan sayur, anaknya nih udah kenal sama rasa sayuran ini, di kandungan kan anak juga udah kenal rasa," ujar Prof Ahmad.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik