Entri Populer

Kulit Anak Ruam dan Gatal Setelah Main Squishy, Mungkin Alergi

Written By iqbal_editing on Rabu, 19 April 2017 | 01.17

Setelah main squishy, kok kulit anak jadi muncul ruam-ruam merah dan terasa gatal ya? Hmm, kata dokter gejala seperti ini bisa saja menjadi penanda bahwa anak mengalami reaksi alergi.

Menurut dr Laksmi Duarsa, SpKK dari RS Surya Husadha, Denpasar, mainan squishy yang saat ini kembali tren biasanya terbuat dari bahan seperti karet atau gabus, serta dicat dengan menggunakan bahan pewarna tertentu. Seringkali beberapa jenis squishy juga menggunakan pewangi sehingga muncul aroma khas yang menarik.

Nah, bahan-bahan kimia seperti itulah yang paling memungkinkan dapat memicu reaksi alergi pada anak. dr Laksmi menuturkan, sejauh ini penelitian tentang efek dari mainan squishy terhadap kesehatan anak memang masih minim. Namun jika ditelaah dari segi kesehatan kulit, salah satu efek yang mungkin muncul dari mainan ini adalah reaksi alergi terhadap bahan-bahan pembuatnya.



"Iya kan katanya tidak terlalu berbahaya, tapi tidak menutup kemungkinan muncul reaksi alergi pada anak yang memang punya bakat itu. Alergi itu kan macam-macam juga ya, ada yang ringan sampai berat. Bergantung sensitivitas anak," ungkap dr Laksmi kepada detikHealth.

Reaksi alergi yang mungkin muncul pada kulit di antaranya berupa gatal, kulit memerah, dan muncul ruam-ruam. Jika alerginya berat, reaksi yang muncul bahkan bisa berupa kulit terasa menebal dan biduran.

Jika memang dipastikan reaksi ini muncul hanya setelah anak memainkan squishy dan kemungkinan anak alergi terhadap bahan kimianya, dr Laksmi menuturkan hal pertama yang sebaiknya dilakukan orang tua adalah menjauhkan kontak mainan tersebut dari si anak.

"Langsung lepas kontaknya, hindari anak jangan terpapar bahan dari mainan itu lagi," imbuhnya.

Ketika kontak sudah dilepaskan, alergi bisa membaik kembali. Namun jika respons alergi tersebut masih ada dan semakin mengganggu, orang tua bisa memberikan salep seperti steroid cream. Bisa juga diberikan obat antihistamin untuk mengurangi gatal. Segera bawa anak ke dokter jika ragu memberikan pengobatan.

"Coba berikan salep dulu, kalau sudah tertangani tidak usah minum obat. Langsung ke dokter juga dianjurkan kalau ragu mau memberikan pengobatan apa. Tapi yang penting ya kontaknya dihindarkan dulu ya," imbuh dr Laksmi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik