Entri Populer

sedang dikembangkan vaksin jerawat

Written By iqbal_editing on Senin, 10 April 2017 | 19.56

Jerawat yang mengganggu kerap jadi keluhan orang-orang. Untuk mengatasinya selama ini para ahli hanya bisa menyarankan agar seseorang menjaga kebersihan kulit dan bila perlu ada obat yang bisa menekan pertumbuhan bakteri pemicu jerawat.

Nah berkaitan dengan hal tersebut kemungkinan di masa depan akan ada lagi cara baru mencegah jerawat yaitu dengan vaksin.

Vaksin pada umumnya bekerja dengan melatih imunitas tubuh agar lebih mengenali ancaman bakteri atau virus tertentu yang dianggap berbahaya. Namun demikian para peneliti dari University of California berusaha mewujudkan vaksin jerawat ini dengan memakai antibodi yang diketahui dapat menghancurkan protein beracun produk sampingan bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes).


"Jerawat bisa disebabkan oleh P. acnes yang sebetulnya ada sepanjang hidup Anda. Selama ini kami tidak bisa membuat vaksin untuk P. acnes karena dilihat dari sisi tertentu ia bermanfaat untuk Anda," kata pemimpin studi Eric C. Huang seperti dikutip dari Medical Daily, Selasa (9/4/2017).

"Tapi kami sudah menemukan antibodi yang bereaksi terhadap protein beracun produk sampingan P. acnes di kulit. Protein ini berkaitan dengan inflamasi yang bisa berujung pada terbentuknya jerawat," ungkap Eric.

Bila nanti sudah rampung peneliti berharap vaksin dapat menghentikan protein pemicu jerawat sambil tetap membiarkan bakteri P. acnes tetap utuh. Tes awal pada sampel kulit sudah dilakukan dengan hasil memuaskan namun peneliti mengaku masih banyak yang harus dikerjakan.

"Langkah berikutnya adalah melakukan uji klinis pada pasien," pungkas Huang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik