Entri Populer

bisakah penyakit paru kronik disembuhkan

Written By iqbal_editing on Senin, 29 Mei 2017 | 21.38

, Pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) harus mengonsumsi obat seumur hidup. Namun bisakah penyakit ini disembuhkan?

Seperti disampaikan oleh dr Dianiati Kusumo Sutoyo, SpP(K), dari RS Persahabatan, bahwa konsumsi obat pada pasien PPOK memang dilakukan dalam jangka panjang. Namun demikian, konsumsi obat tidak serta-merta akan memundurkan stadiumnya.

"Selain minum obat jangka panjang, juga perlu membuka jalan napas dengan bronkodilator dan supporting lain seperti obat anti-inflamasi," tutur dr Dianiati dalam temu media di Gedung Kemenkes RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Menurut dr Dianiati, obat untuk PPOK sebetulnya tidak mahal, hanya saja harus dibeli banyak sekaligus karena untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

"Sudah diobati, tidak bisa mundur stadiumnya. Obat ini tujuannya untuk mengerem laju percepatan perburukan. Membuat kualitas hidup pasien lebih baik. Ini penyakit yang dapat dicegah dan diobati, walaupun tidak bisa disembuhkan," imbuhnya.

Meski tidak bisa sembuh, pengobatan yang tepat dan konsisten menurut dr Dianiati tetap penting karena juga dapat mencegah komplikasi. Beberapa komplikasi yang bisa muncul jika PPOK tidak diobati di antaranya gagal napas akut, gangguan kardiovaskuler, infeksi, pneumonia, hingga refluks asam lambung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik