Entri Populer

hubungan bermain golf dan mengatasi ptsd

Written By iqbal_editing on Minggu, 28 Mei 2017 | 23.17

Kejamnya medan dan kerasnya hidup saat perang membuat para veteran perang rentan mengalami post traumatic stress disorder (PTSD). Akibatnya, mereka sering kali mengasingkan diri dan berisiko tinggi bunuh diri karena depresi.

Hal itulah yang dialami oleh Bobby Colletti, veteran perang Irak dan Afghanistan dari satuan angkatan darat Amerika Serikat. Ketika pulang ke rumah, Bobby mulai menggunakan narkoba untuk meredakan trauma dan ingatan buruk ketika perang.

"Pertamanya aku mengira narkoba bisa membantu. Tapi narkoba malah membuat masalahku makin rumit, dan bahkan membuatku ingin bunuh diri karenanya," tutur Bobby, dikutip dari Reuters.


Bobby pun mendengar soal program golf yang disponsori oleh Professional Golfers' Association's (PGA). Program yang bernama Helping Our Patriots Everywhere (HOPE) ini membantu Bobby memulihkan diri dari kecanduan narkoba dan PTSD-nya.

Pengakuan senada dikatakan oleh Sylvan Olivieri, seorang veteran perang Vietnam dari satuan angkatan laut AS. Bersama dengan sejumlah veteran lainnya, Sylvan rutin mengunjungi lapangan golf setiap minggunya.

"Golf membuat diriku lebih baik. Aku bahagia dan lebih ceria sekarang. Ketika bermain golf, Anda berkonsentrasi dengan permainan dan tidak memikirkan ingatan-ingatan buruk. Bisa dikatakan aku terbebas dari PTSD ketika bermain golf," ungkapnya.

PTSD merupakan gangguan jiwa yang disebabkan oleh rusaknya aktivitas otak yang mengatur rasa takut. Akibatnya, pengidap PTSD sering merasa ketakutan berlebihan dan tidak wajar, serta membuatnya lebih mudah curiga terhadap sesuatu.

Gangguan jiwa ini bisa menyerang siapa saja, terutama orang-orang yang pernah mengalami trauma mengerikan. Veteran perang, korban bencana alam, korban kecelakaan hingga korban pelecehan seksual memiliki risiko tinggi mengalami PTSD.

Sadar akan hal tersebut, Department of Veterans Affairs Amerika Serikat bekerja sama dengan PGA meluncurkan program HOPE dengan harapan golf mampu membuat para veteran kembali ceria dan bermasyarakat. Golf merupakan olahraga yang cocok karena mengandung unsur interaksi sosial, stimulasi mental sekaligus aktivitas fisik.

"PGA HOPE memberikan kesempatan pada para veteran untuk kembali menjalani kehidupan normal mereka melalui golf," tutur Andy Crane dari PGA West Point Golf Course.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik