Entri Populer

perbedaan gejala tbc dan kanker paru

Written By iqbal_editing on Minggu, 28 Mei 2017 | 22.52

Kanker paru dan tuberkulosis alias TB memiliki gejala yang sangat mirip. Karena hal itu, masyarakat pun seringkali tertukar dan sulit membedakan gejala dari kedua penyakit ini.

Hal serupa juga diakui oleh dokter spesialis paru RS Mitra Keluarga Bekasi, dr Anthony D. Tulak, SpP, FCCP. Menurut dr Anthony, kadang-kadang memang agak sulit membedakan gejala kanker paru dan TB. Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan khusus yakni foto thorax atau sering disebut juga rontgen dada.

"Kadang-kadang sukar membedakan ini kanker paru atau TB, makanya perlu pemeriksaan lain. Misalnya foto thorax, nanti setelah difoto baru terlihat ternyata ada benjolan yang sudah besar ketahuan ini kanker paru," tutur dr Anthony.

Gejala yang hampir mirip tersebut di antaranya nyeri dada, sesak napas, serta batuk parah yang bahkan kadang hingga berdarah. Ciri khas lain dari kanker paru adalah berat badan yang turun tanpa sebab jelas. Cara untuk membedakan kanker paru dan TB biasanya bisa dilihat dari usia pasien.

Baca juga: Memahami Kaitan Paparan Radon dengan Risiko Kanker Paru

Menurut dr Anthony, TB pada umumnya bisa menyerang seluruh usia, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Sementara kanker paru biasanya menyerang mereka yang sudah berusia 40 tahun ke atas, baik pria maupun wanita.

"Jadi kalau ada batuk darah misalnya di usia muda, yakni sekitar 20 atau 25 tahun, ya itu jangan berpikir kanker paru dulu. Lain halnya kalau batuk darahnya terjadi di usia 45 tahun, itu kemungkinan kanker paru apalagi kalau orangnya perokok," imbuh dr Anthony.

Jika Anda memiliki gejala seperti sesak napas dan gejala-gejala lainnya seperti disebutkan di atas, maka ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis paru. Meskipun mungkin dari segi usia Anda masih muda dan belum tentu kanker paru, namun bisa saja kemungkinan Anda mengalami penyakit lainnya seperti TB, pneumonia, bronkitis, atau asma.

"Dari keluhan-keluhan itu kan nanti dokter memilih apakah ini bronkitis, asma, pneumonia atau ka

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik