Entri Populer

hhubungan sembelit dan ginjal

Written By iqbal_editing on Sabtu, 06 Mei 2017 | 01.38

Jika sering mengalami sembelit atau susah buang air besar, sebaiknya jangan disepelekan. Penelitian terbaru mengaitkan keluhan ini dengan risiko penyakit ginjal.

Penelitian yang melibatkan 3,5 juta data pasien di Amerika Serikat ini menyimpulkan bahwa seseorang dengan riwayat sembelit punya risiko lebih besar untuk mengalami penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal. Makin parah sembelit yang dialami, makin besar risikonya untuk mengalami masalah ginjal.

Berbagai penelitian sebelumnya juga mengaitkan sembelit dengan penyakit kardiovaskular. Diduga, kaitannya dengan sembelit juga memiliki mekanisme yang serupa.

Para ilmuwan menduga, keterkaitannya ada pada bakteri usus. Sembelit atau konstipasi merupakan penanda adanya perubahan pada bakteri usus. Perubahan tersebut berhubungan dengan berbagai perubahan metabolik, termasuk inflamasi atau radang.

Baca juga: Jika BAB-nya Seperti Ini, Tak Ada Salahnya Anda Segera Cek ke Dokter

Mekanisme yang mengaitkan sembelit dengan penyakit ginjal memang belum diketahui pasti. Namun diyakini, perubahan metabolisme yang terjadi saat sembelit membuat makanan lebih lama berada di saluran cerna. Kondisi ini dikaitkan dengan inflamasi kronis, yang bisa memicu masalah ginjal.


Masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. Para ilmuwan dari Memphis VA Medical Center yang melakukan penelitian ini juga mengungkap bahwa mayoritas pasien yang diamati adalah laki-laki, dan belum diketahui apa pengaruhnya pada hasil pengamatan. Demikian dikutip dari Livescience, Jumat (12/11/2016).

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik