Entri Populer

kebiasan sehari-hari bisa merusak otak

Written By iqbal_editing on Rabu, 03 Mei 2017 | 23.12

- Tanpa diduga, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak dan mengganggu kesehatan otak. Maka dari itu, kebiasaan ini sebaiknya dihindari.

Bukan tanpa alasan, otak merupakan salah satu organ terbesar di tubuh yang berfungsi penting untuk mengendalikan kerja tubuh. Seperti dirangkum detikHealth dari Times of India, artikel bagian pertama kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak otak:
1. Kebanyakan konsumsi gula
Terlalu banyak konsumsi gula dalam jangka waktu yang panjang tak cuma berisiko menimbulkan diabetes, tapi juga otak. Ini karena hal tersebut dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, terutama protein.

Lama-kelamaan kondisi ini dapat menghambat perkembangan otak. Alasannya, tubuh tidak memiliki cukup nutrisi untuk menjaga kestabilan aliran darah, termasuk ke otak.

2. Macet
Selain memicu stres, paparan polusi udara saat macet juga lama-kelamaan bisa merusak otak. Pada dasarnya, otak membutuhkan banyak oksigen untuk dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda terus-terusan menghirup udara yang tercemar yang terjadi justru pasokan oksigen tubuh dan otak akan menurun. Penurunan kapasitas oksigen ini dapat mengurangi efisiensi otak.
 3. Terlalu banyak makan
Kendalikan porsi makanan Anda. Tak sekadar dapat membuat berat badan meroket naik, kebiasaan ini juga dapat merusak otak. Saat kekenyangan dan kembung akibat terlalu banyak makan, pembuluh darah akan mengeras, termasuk yang mengarah ke otak. Akibatnya, kemampuan untuk berpikir dan fokus seringkali akan berkurang.

4. Kurang tidur
Jika Anda termasuk di antara orang-orang yang hobi begadang dan tidur malam kurang dari enam jam, maka kesehatan otak menjadi taruhannya. Alasannya, kurang tidur dalam jangka panjang dapat membuat sel-sel di otak lebih cepat mati. Sel-sel otak seperti dipaksa untuk terus bekerja dan tak bisa beregenerasi, yang biasanya akan terjadi secara optimal saat Anda cukup tidu

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik