Entri Populer

4. Ada benda hilang Terkadang karena benda asing yang ditelan tidak tersangkut anak mungkin tidak mengalami keluhan apa-apa. Namun bukan berarti tidak ada bahaya yang mengancam sehingga orang tua perlu jeli melihat benda apa saja di sekitar anak yang mungkin hilang. "Kita mesti perhatikan barang apa saja yang ada di sekitar dia. Jangan sampai ada yang hilang. Misalnya kalung, tadinya ada liontin terus sekarang tinggal kalung saja itu bisa terjadi," kata dr Ariani.

Written By iqbal_editing on Rabu, 03 Mei 2017 | 23.25

- Anak terutama yang di bawah umur tiga tahun senang memasukkan benda-benda asing ke mulutnya. Hal ini merupakan perilaku berisiko karena tidak semua benda tersebut aman untuk dikonsumsi dari sisi kandungan dan juga bentuknya.

Beberapa kali dilaporkan ada anak yang tersedak karena menelan mainan, baterai, kunci, dan benda-benda lainnya. Untuk itu orang tua perlu selalu waspada menjaga anak dan mengetahui cirinya bila anak menelan sesuatu yang tak seharusnya ditelan.

dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K), dari Rumah Sakit Anak & Bunda (RSAB) Harapan Kita menjelaskan beberapa ciri tersebut di antaranya:
1. Teriak kesakitan

Anak yang tersedak akan mengeluh berteriak kesakitan karena ada benda asing tersangkut di kerongkongan. Biasanya anak akan memegang-megang lehernya sebagai penanda bahwa ada sesuatu yang salah di bagian itu.

"Ini biasanya bisa karena ada duri ikan tersangkut," kata dr Ariani.
 2. Suara napas berubah

Ketika ada benda tersangkut di saluran kerongkongan, pernapasan anak juga akan terganggu. Tergantung dari besarnya benda maka anak bisa merasa seperti tercekik menimbulkan suara-suara aneh.

"Kalau deket sama saluran napas dia akan bunyi tertentu. Curiga kalau anak ini benar-benar yang enggak ada alergi tapi pada suatu hari aja napasnya bunyi grak grok grak gok," kata dr Ariani.

 3. Sulit bicara dan batuk

Karena saluran napas tersumbat maka aliran udara di rongga mulut juga terganggu. Dampaknya anak bisa kesulitan untuk bicara dan reaksi alami yang muncul adalah berusaha menghilangkannya dengan reflek batuk.

4. Ada benda hilang
Terkadang karena benda asing yang ditelan tidak tersangkut anak mungkin tidak mengalami keluhan apa-apa. Namun bukan berarti tidak ada bahaya yang mengancam sehingga orang tua perlu jeli melihat benda apa saja di sekitar anak yang mungkin hilang.

"Kita mesti perhatikan barang apa saja yang ada di sekitar dia. Jangan sampai ada yang hilang. Misalnya kalung, tadinya ada liontin terus sekarang tinggal kalung saja itu bisa terjadi," kata dr Ariani.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik