Entri Populer

norwegian scabies

Written By iqbal_editing on Senin, 01 Mei 2017 | 03.27

Salah satu jenis penyakit kulit gudikan adalah Norwegian scabies. Jika mengalami kondisi ini, dalam satu tubuh seseorang bisa ada sampai ribuan kutu.

"Ada satu jenis scabies parah banget namanya scabies norwegia atau crusted scabies muncul pada orang dengan imunitas yang buruk sekali, dia di satu tubuh orang bisa ada jutaan kutu," jelas dr Murdiati Ganjardani, SpKK, dari Bamed Skin Care kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Norwegian scabies selain bisa terjadi pada orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, juga lebih mudah menjangkit pada orang tua dan yang memiliki kecacatan. Meski demikian, Norwegian scabies merupakan varian yang jarang dijumpai.
 

Penyakit ini ditandai dengan  krusta-krusta tebal pada kulit kepala, telinga, siku, lutut, telapak tangan dan  telapak kaki, karena mengandung sejumlah besar kutu dan telur. Selain itu pasien juga mengalami enebalan kuku. Gambaran klinis penyakit ini sering keliru dengan penyakit lainnya seperti psoriasis dan dermatitis seboroik.

Penyakit ini sangat mudah menular melalui kontak antar kulit. Selain itu pakaian, tempat tidur dan furnitur yang terkontaminasi juga bisa menjadi sarana penularan. Karena itu pakaian dan sprai yang digunakan pasien dalam 48 jam pertama sebelum pengobatan harus dicuci dengan perendaman menggunakan air panas 80-100 derajat Celcius selama 10 menit. Pemanasan ini penting untuk membunuh kutu dan telur.

Baca juga: Kalau Sudah Ada yang Kena Gudikan, Begini Cara Mengatasinya

Sebenarnya kutu parasit penyebab kudis tidak bisa bertahan lebih dari 2-3 hari di luar kulit manusia. Jadi jika ada baju bekas dipakai pasien gudik yang dibiarkan setidaknya 72 jam, maka kutunya akan mati.

Jika pasien tidak segera diobati, menurut dr Murdiati, parasitnya akan tetap ada di situ. Apalagi kutu parasit penyebab gudik disebut bisa membuat saluran di bawah permukaan kulit hanya dalam waktu 2,5 menit.

Namun demikian meski jumlah kutu lebih banyak dari gudikan biasa, pengidap crusted scabies biasanya relatif merasakan gatal yang lebih ringan atau malah tak ada gatal sama sekali.

Obat antiscabies bisa diberikan sama seperti untuk mengatasi gudikan biasa. hanya saja tentu pengobatannya akan lebih lama karena jumlah kutu yang harus dibasmi lebih banyak.(vit/up)

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik