Entri Populer

TAHAPAN BERGERAK AKIBAT OPERASI PATAH KAKI

Written By iqbal_editing on Senin, 08 Mei 2017 | 10.21

Tahapan-tahapan Bergerak Pasca Operasi Patah Kaki

Hal ini tentunya menjadi banyak pertanyaan bagi para penderita patah kaki. Untuk itu saya akan membagikan pengalaman saya saat ini. Saya sendiri sudah melewati 4,5 bulan setelah operasi.
Selama 1 bulan pertama sebaiknya jangan banyak bergerak, lebih banyak diam di tempat tidur atau dengan menggunakan kursi roda. Dan sesekali belajar berdiri (sambil berpegangan), namun tumpuan ada pada kaki yang sehat, kaki yang patah jangan dulu dibebani.

Pada bulan kedua baru boleh mulai belajar menggunakan 2 tongkat, kaki yang patah tidak boleh ditapakkan/ditekan (agar tidak terbebani bobot tubuh) saat berjalan. Jadi kaki yang patah itu diangkat sedikit. Pergerakan seperti ini selama 2 bulan.

Pada bulan keempat biasanya dari hasil rontgen terlihat proses penyambungan sudah cukup signifikan, sehingga kaki yang patah boleh mulai diberi sedikit beban. Saat berjalan, kaki yang patah boleh ditapakkan tetapi jangan dulu terlalu ditekan, ditekan sedikit saja, kekuatan bertumpu pada tangan yang memegang tongkat.

Pada bulan kelima tekanan mulai ditambah. Jadi pada saat berjalan kaki yang patah boleh lebih ditekan. Dan tumpuan pada kedua tangan yang memgang tongkat sedikit dikurangi. Saya sendiri sekarang sudah mulai belajar naik turun tangga.

Pada bulan keenam bisa melepas 1 tongkat, dan tekanan pada kaki yg patah bisa ditambah lagi. Sehingga lebih leluasa saat berjalan.

Pada bulan ketujuh proses penyambungan sudah semakin baik dan sel-sel tulang yang baru cukup memenuhi ruang antar segmen tulang yang patah. Sehingga bisa mulai melepas 1 tongkat lagi dan mulai belajar berjalan tanpa tongkat. pelan-pelan saja, sedikit-sedikit, jangan terlalu dipaksakan. Saya sendiri dulu (saat mengalami patah kaki pertama kali) perlu waktu 1 bulan sampai benar-benar bisa lepas dari tongkat dan saya berani bepergian tanpa tongkat.

Tentunya akan lebih baik jika sambil dikonsultasikan dengan dokter yang menangani anda, karena kondisi setiap pasien berbeda-beda, tingkat keparahan dan posisi patah kaki berbeda-beda. Sehingga proses penyembuhan ada yang lebih cepat, ada yang sesuai penjelasan di atas, ada juga yang lebih lama.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik