Entri Populer

HUBUNGan malas daki dan dan banyak daki dengan infeksi kulit

Written By iqbal_editing on Sabtu, 03 Juni 2017 | 23.32

Hari libur biasanya identik dengan kebiasaan malas mandi. Padahal jika sebelumnya aktivitas Anda banyak hingga tubuh kotor dan berdaki, efeknya bisa sampai memicu infeksi kulit.

Demikian disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Edmo Clinic Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK kepada detikHealth. Hal ini karena daki yang dibiarkan saja bisa menjadi media yang baik bagi tumbuhnya bakteri. Selain bau badan, efeknya juga bisa memicu datangnya infeksi kulit.

Daki sendiri merupakan bagian dari kulit yakni stratum korneum yang terlepas. Umumnya stratum korneum ini akan terlepas secara wajar sedikit demi sedikit setiap empat pekan.


"Kondisi ini semakin melambat saat usia bertambah. Oleh karena itu daki lebih banyak dialami oleh anak anak dan remaja dan semakin berkurang dengan bertambahnya usia," tutur dr Eddy.

Tak melulu tampak mudah terlihat, tubuh yang bersih bisa saja 'menyimpan' daki. Sebab daki juga bisa banyak terdapat pada daerah lipatan yang lembab. Hal ini karena stratum korneum mengalami maserasi yaitu pelunakan akibat basah terus.

"Hal ini memudahkan bagian tersebut menjadi terkelupas sebagai daki, bahkan mungkin sebelum waktunya terkelupas yang kemudian menyebabkan kulit terkelupas dan perih. Jadi daki tidak selalu akibat jorok," imbuh dr Eddy.

Maka dari itu, untuk menghilangkan total daki dari tubuh, Anda perlu mandi dan menggosok setiap lipatan tubuh dengan seksama. Bersihkan dengan perlahan dan pastikan tidak ada sisa daki yang menempel.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik