Entri Populer

kkisah bayi yang kena luka bakar karena tabir surya

Written By iqbal_editing on Senin, 19 Juni 2017 | 00.53

Hari itu Rebecca Canon sedang berkunjung ke rumah saudarinya. Ia lalu memakaikan tabir surya merek Banana Boat Kids SPF50 untuk putrinya, Kyla. Sebenarnya cuaca tidak sedang panas, bahkan cenderung mendung.

Namun betapa terkejutnya Rebecca ketika mendapati perubahan pada kulit Kyla keesokan harinya. "Setelah dioleskan, kulitnya makin lama makin memerah, dan keesokan paginya ia terbangun dengan wajah bengkak dan kemerahan. Kemudian kulitnya juga melepuh," kata Rebecca.

Rebecca pun langsung membawa bocah berusia 14 bulan itu ke dokter dan betapa terkejutnya ibu ini ketika mendengar dokter mendiagnosis Kyla terkena luka bakar tingkat dua.

Ibu asal Botwood, Kanada ini mengakui ia tak seharusnya memakaikan tabir surya untuk anak-anak tersebut karena tabir surya untuk bayi ada sendiri. Pada waktu itu ia berpikir ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

Kebetulan keponakannya yang baru berumur tiga bulan juga menggunakan tabir surya yang sama dan tidak mengalami masalah apapun. Toh dalam kemasan tabir surya itu tertulis produk ini bebas alkohol dan memiliki spektrum perlindungan yang luas, artinya bisa digunakan oleh siapa saja.

"Jadi saya hanya menyemprotkan sedikit saja di wajahnya, daripada tidak terlindungi sama sekali. Dan ternyata ini tidak berjalan baik," sesalnya seperti diutarakan kepada CBC.ca.

Kasihan, Wajah Bayi Ini Kena Luka Bakar karena Tabir SuryaFoto: Facebook/Rebecca Cannon


Dokter yang menangani Kyla kemudian meyakinkan bahwa terlepas dari itu, siapapun bisa mengalaminya, dan ini bukan pertama kalinya ia mengetahui kasus semacam ini. Yang dikhawatirkan sang dokter, kondisi ini bisa berpotensi menjadi reaksi alergi yang buruk.

Ia pun mengisahkan dan membagikan pengalamannya tersebut lewat akun Facebook. Ia berharap orang tua lain bisa lebih berhati-hati, terutama dalam memilih tabir surya untuk buah hati mereka.

"Saya tak pernah membayangkan ia bisa mengalami luka bakar yang begitu buruk dari tabir surya," tutur Rebecca.

Insiden itu juga mendorong Rebecca untuk melakukan riset mandiri di internet, dan ia mendapati banyak kasus serupa terkait produk ini. "Jujur saya masih tak habis pikir mengapa produk itu masih bisa dijumpai dengan mudah di pasaran," imbuhnya.

Dikutip dari laman news.com.au, Banana Boat beberapa kali mendapatkan keluhan dari konsumen Australia yang mengaku anak-anak mereka mengalami luka bakar akibat penggunaan produk tabir surya ini.

Namun pihak Banana Boat berpendapat, keluhan itu bisa saja muncul karena penggunaan yang kurang tepat sehingga efek perlindungannya menjadi kurang optimal.

Kendati demikian, postingan Rebecca telah menimbulkan keprihatinan dari banyak orang tua hingga dibagi 9.300 kali dan mendapatkan 850-an komentar dari netizen sejak diunggah pada Senin (8/5) lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik