Entri Populer

mata kanan buta karena nyalakan petasan dekat mata

Written By iqbal_editing on Jumat, 30 Juni 2017 | 03.26

Main petasan lumrah dilakukan sebagai salah satu bentuk merayakan datangnya Hari Raya Idul Fitri. Tetapi kehati-hatian harus tetap dikedepankan lho.

Mengapa demikian? Sebuah kasus di India mengingatkan akan bahaya petasan bagi manusia. Seorang pria dikabarkan mengalami cedera mata serius setelah ia menyalakan petasan di dekat wajahnya lalu meledak pada September 2015 lalu.

Ia pun segera dilarikan ke IGD. Dari hasil pemeriksaan dilaporkan bahwa akibat insiden tersebut, mata kanan pria yang hanya diketahui berusia 44 tahun tersebut tak lagi bisa menerima cahaya dari luar dan penglihatan di mata kirinya menjadi kabur.

Tetapi yang menjadi perhatian adalah fragmen atau pecahan petasan yang dinyalakan pria ini sebelumnya ternyata masuk ke dalam matanya.

Untungnya, tim dokter dapat membersihkan pecahan petasan dari mata kiri pria ini. Dr Jagat Ram, profesor optalmologi dari Postgraduate Institute of Medical Education and Research, India yang menangani pria ini mengatakan, butuh waktu agak lama untuk mengangkat pecahan petasan yang ada di mata kanan pasiennya ini.

"Sulit untuk mengangkat pecahan yang di mata kanan karena benda-benda asing ini terlanjur melekat terlalu dalam di permukaan kornea pria ini," kata Ram kepada Live Science dan dikutip Jumat (30/6/2017).

Nyalakan Petasan Dekat Wajah, Mata Kanan Pria Ini ButaFoto pecahan petasan di permukaan kornea seorang pria asal India. (Foto: The New England Journal of Medicine)


Setelah berhasil membersihkan pecahan-pecahan petasan tersebut, Ram kemudian memberikan antibiotik dan obat tetes mata untuk pria ini. Dan penglihatannya kembali membaik setelah tiga bulan berlalu.

Sayangnya, kerusakan di mata kanan pria itu terlalu buruk sebab pecahan petasan tadi telah memecah bola matanya. Kondisi semacam ini sebenarnya dapat diperbaiki jika penanganannya segera dilakukan pasca insiden.

"Tetapi pada kasus pria ini, bola matanya mengalami kerusakan yang sangat buruk dan cairan di dalam bola matanya juga terlanjur bocor," lanjut Ram.

Tim dokter memutuskan tak dapat memperbaiki kerusakan di mata kanan pria itu, sehingga ia mengalami sebuah kondisi yang disebut 'phthisis bulbi' yang berarti bola matanya mengkerut dan tak lagi berfungsi.

"Ketika seseorang mengalami phthisis bulbi, mata yang terserang kondisi itu akan benar-benar buta," imbuh Ram.

Ram mengaku beberapa kali menemui kasus serupa dengan pemicu yang beragam. Sebagai pelajaran, ia meminta agar siapapun yang menyalakan petasan untuk menggunakan alat pelindung mata yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik