Entri Populer

saran ibu hamil buat mudik

Written By iqbal_editing on Kamis, 15 Juni 2017 | 06.06

Mudik untuk ibu hamil butuh persiapan yang lebih khusus. Selain harus menjaga diri, ada si jabang bayi juga yang harus diperhatikan kesehatannya.

"Ketika ibu hamil akan mudik, ini (persiapan) tergantung dari seberapa jauh dan seberapa lama ia akan pergi," ujar dr Gita Maya Koemara Sakti Soepono, MHA, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan, kepada detikHealth.

Menurut dr Gita, sebaiknya, ibu hamil mengonsultasikan kepada dokter mengenai kondisi kehamilannya terlebih dahulu, apakah masih cukup kuat untuk mudik atau sebaliknya. Jika dokter memperbolehkan Anda untuk pergi mudik, pastikan Anda tetap menyediakan waktu untuk beristirahat. Hal ini pun tergantung dari jenis kendaraan yang akan Anda pilih.

"Jika naik kendaraan umum, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tempat-tempat peristirahatan yang akan disinggahi," tambahnya. Mencari tahu mengenai tempat peristirahatan menjadi penting karena dapat membantu Anda mengetahui apakah transportasi pilihan tetap bisa menjaga kesehatan kandungan Anda.

Siapkan juga bekal yang sehat untuk ibu hamil. Sebaiknya, hindari makanan seperti gorengan atau jajanan lainnya yang kurang baik untuk kesehatan. Akan lebih baik jika anda menyempatkan waktu untuk menyiapkan bekal sehat seperti sandwich, sushi, atau biskuit-biskuit yang sehat.


Yang terpenting, dr Gita pun menyebutkan bahwa dalam melakukan mudik, ibu hamil sebaiknya selalu ditemani sekalipun menggunakan jenis transportasi yang cukup nyaman, semisal pesawat terbang. "Apabila terjadi sesuatu tetap ada yang mendampingi," katanya.(up/up)

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik