Entri Populer

TTERAPI PINTAR PADA ANAK DENGAN BERKUDA

Written By iqbal_editing on Sabtu, 03 Juni 2017 | 23.43

Memanggil tutor banyak dilakukan orang tua untuk meningkatkan kemampuan akademis putra-putri mereka. Namun peneliti asal Jepang mengusulkan cara lain untuk mencapai target ini.

Adalah tim peneliti dari Tokyo University of Agriculture yang mengungkapkan bahwa berkuda bisa membuat anak lebih pintar dan mendapatkan nilai bagus di sekolah.

"Studi sebelumnya mengatakan berkuda dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental, tetapi sedikit sekali studi yang memperlihatkan dampak berkuda untuk anak-anak dan mekanisme di baliknya," ungkap ketua tim peneliti Mitsuaki Ohta.

Peneliti kemudian melakukan uji coba dengan meminta sejumlah anak untuk berkuda agar mereka dapat melihat dampaknya terhadap performa akademik anak.

Caranya dengan meminta mereka menyelesaikan tes sederhana yang disebut tes 'Go/No Go' tepat sebelum dan sesudah berkuda, sembari mengukur detak jantung anak saat merespons pergerakan kuda.

Tes ini berfungsi mengukur respons kognitif anak ketika disodori sejumlah pertanyaan di komputer. Jawabannya harus diberikan dengan cepat, agar peneliti bisa melihat kemampuan mereka dalam merespons situasi tertentu, termasuk kemampuan kendali diri mereka. Sebagai tambahan, mereka juga diminta mengerjakan soal matematika sederhana sebelum dan sesudah berkuda.


Secara mengejutkan, peneliti melihat adanya peningkatan kemampuan anak untuk merespons sesuatu, yang berarti terjadi peningkatan kemampuan kognitif. Namun efeknya tidak begitu besar ketika mereka diminta mengerjakan soal matematika.

Ohta menjelaskan, ketika anak duduk di atas sadel kuda, vibrasi atau getaran yang 'keluar' dari tubuh si kuda dapat mengaktifkan sistem saraf simpatetik yang berperan dalam proses belajar anak dan juga peningkatan daya ingat mereka.

"Pergerakan panggul kuda rupanya dapat memberikan input motorik dan sensorik kepada tubuh manusia yang menungganginya," katanya seperti dilaporkan Science Daily.

Hanya saja Ohta menegaskan bahwa hasilnya bisa berbeda tergantung jenis kudanya. Ohta juga mengingatkan tidak semua anak memiliki akses untuk mengikuti kelas berkuda, semisal karena biayanya yang mahal.

Namun tidak menutup kemungkinan jika manfaat yang sama juga akan dirasakan anak ketika berinteraksi dengan hewan lain karena sebenarnya interaksi antara anak dan binatang ini memang berdampak positif terhadap tumbuh kembang mereka.

Dalam studi lain juga dikatakan tumbuh kembang anak, termasuk otaknya, dapat dioptimalkan dengan mengajak anak sering melakukan aktivitas di luar ruangan (outdoor).T

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik