Entri Populer

wanita yang beresiko terkena kanker payudara

Written By iqbal_editing on Jumat, 16 Juni 2017 | 00.21

, Ada beberapa faktor yang membuat risiko seseorang untuk terkena kanker payudara menjadi berlipat ganda. Utamanya berkaitan dengan gaya hidup.

Seperti disampaikan oleh dokter kandungan dan juga konsultan onkologi dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Sigit Purbadi, SpOG(K)Onk, faktor lainnya yakni usia yang di atas 55 tahun.

"Lalu bila dalam keluarga ditemukan ada yang mengidap kanker payudara, misalnya saudara perempuan, ibu atau anak perempuan, maka ia mempunyai risiko 2 kali terkena kanker payudara," ujar dr Sigit kepada detikHealth.


Pada dasarnya, bila orang tua mempunyai kelainan gen pembawa, maka ada kemungkinan kelainan gen tersebut juga akan diturunkan ke anak.

"Selain itu, jika seorang pasien mengidap kanker payudara, maka payudara yang lain mempunyai risiko 3-4 kali untuk juga terkena kanker juga," imbuhnya.

Terkait gaya hidup, dr Sigit menjelaskan bahwa risiko kanker payudara lebih besar dimiliki oleh mereka yang kegemukan dan hobi mengonsumsi minuman beralkohol serta merokok.

"Wanita yang tidak pernah hamil sampai 9 bulan atau baru melahirkan setelah umur 30 tahun juga mempunyai risiko kanker payudara lebih besar. Lalu paparan estrogen yang lama seperti menstruasi sebelum umur 12 tahun dan menopause setelah 55 tahun pun memberi risiko lebih besar," tutur dr Sigit.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik