Entri Populer

Cerita Rachel Amanda, Aktris Muda yang Berjuang Lawan Kanker Tiroid

Written By iqbal_editing on Jumat, 21 Juli 2017 | 19.57

Aktris sekaligus penyanyi cantik tanah air, Rachel Amanda yang akrab disapa Manda pernah terdiagnosis penyakit kanker tiroid. Kanker tiroid adalah salah satu jenis kanker yang menyerang kelenjar tiroid manusia.

Kelenjar tiroid sendiri adalah kelenjar terbesar di tubuh manusia yang menghasilkan hormon tiroid. Hormon ini sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia karena berguna untuk mengatur fungsi-fungsi tubuh.

Manda bercerita ia terdiagnosis penyakit tersebut pada tahun 2014 ketika usianya baru 19 tahun. "Pertama kali sadar itu berat badan kok turun terus, tapi leher bengkak. Lama-lama mulai mengganggu. Kalau lagi aktivitas jantung mulai berdebar terus, aku nggak kuat berdiri lama-lama, maunya duduk saja," jelasnya saat acara Press Conference dan Seminar Edukator Sehatkah Tiroidmu? di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (21/7/2017).


Awalnya ia didiagnosis hipertiroid, yaitu kelebihan hormon tiroid. Namun setelah beberapa lama Manda mengatakan bahwa tumbuh tumor di tiroid sebelah kanannya yang mengharuskannya melakukan operasi pengangkatan tiroid.

"Ternyata dilihat tiroidku yang kecil sebelah kiri itu ditemukan anak sel. Akhirnya setelah itu diberitahu sama dokter ada kanker tiroid papilari," jelasnya yang termasuk mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu.

Ia mengaku sangat terkejut ketika terdiagnosis kanker itu, karena dibenaknya kanker adalah suatu hal yang mengerikan. "Pokoknya ingat banget aku tuh benci pas pagi dan malam, setiap bangun tidur dan mau tidur, karena sendirian terus mikir lagi 'gue ada kanker ya'. Apalagi tiroid kan masih asing," tuturnya.

Setelah kedua tiroidnya diangkat, ia harus mengonsumsi obat yang merupakan suplementasi hormon buatan setiap hari seumur hidup. Sekarang Manda dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari dengan baik.

Kisah Manda jadi tanda bahwa sebetulnya bila ditangani dengan tepat maka kanker tiroid bisa disembuhkan

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik