Entri Populer

Ingat, Kena Endometriosis Bukan Berarti Wanita Tidak Akan Bisa Hamil

Written By iqbal_editing on Jumat, 21 Juli 2017 | 18.14

Putus asa dan langsung berpikir tidak akan bisa memiliki anak sering kali terjadi pada wanita pasca ia didiagnosis endometriosis. Meskipun, tak melulu seperti itu kenyataannya.

"Belum tentu wanita yang kena endometriosis itu bakal susah punya anak, karena statistik menunjukkan hanya 26 persen saja yang kesulitan punya anak," tegas dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya saat berbincang dengan detikHealth.

Ketika hamil, disebutkan endometriosis bisa mereda. Menurut dr Hari, hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya perkembangan endometriosis sangat bergantung dengan kadar estrogen. Pada kehamilan, kadar estrogen menurun sehingga progresifitas dari endometriosis bisa tertekan.


"Tapi hanya menekan progresifitasnya saja ya, bukan menyembuhkan. Sama halnya dengan menyusui yang membuat kadar estrogen menurun sehingga bisa meredakan endometriosis," tambah pria yang juga pendiri GMITS (Gynecologic Minimally Invasive Treatment Surabaya-www.trust-gmits.com) ini.

Dikutip dari endometriosis.org, disebutkan bahwa sekitar 60 sampai 70 persen wanita dengan endometriosis masuk kategori subur. Kemudian, sekitar setengah dari wanita dengan endometriosis yang kesulitan hamil akhirnya bisa hamil dengan atau tanpa pengobatan.

Selain itu, disebutkan pula bahwa jaringan parut pada tuba falopi akibat adanya endometriosis bukanlah penyebab umum dari infertilitas. Sebab, penyakit radang panggul juga berkaitan dengan infertilitas yang dialami wanita.

Penyakit radang panggul merupakan infeksi yang merusak atau menyumbat tuba falopu. Kondisi ini bisa menyebabkan infertilitas dengan mencegah terjadinya sel telur yang sudah bertemu dengan sperma masuk ke tuba falopi. Sebaliknya, endometriosis pada tuba falopu lebih jarang menyebabkan infertilitas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik