Entri Populer

penyebab munculnya sariawan di banyak tempat di satu waktu

Written By iqbal_editing on Selasa, 18 Juli 2017 | 03.37

Sariawan bisa muncul karena berbagai hal. Nah, terkadang kemunculan sariawan bisa banyak dalam satu waktu sehingga mengganggu aktivitas seseorang.

Dr drg Rina Permatasari, SpKG mengatakan sariawan yang muncul sekaligus banyak dalam satu waktu bisa berkaitan dengan masalah di organ pencernaan. Sebab menurutnya mulut berkaitan dengan organ pencernaan.

"Takutnya sariawan yang muncul banyak dalam waktu yang sama bukan masalah lokal saja tapi sistemik. Jadi biasanya arahnya ada masalah di salah satu organ pencernaan," ucap drg Rina dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

"Kalau gitu harus diperiksa lebih jauh ya. Tapi kalau yang pasang kawat dan muncul banyak sariawan itu sih normal," imbuh dokter yang praktik di RS Pondok Indah ini.

Lebih lanjut, drg Rina menjelaskan, penyebab sariawan pada dasarnya bermacam-macam seperti stres, bibir yang tergigit atau alergi pada bahan tambalan.

Sehingga, perawatan yang diberikan pun akan berbeda-beda. Misalnya dengan memberikan obat oles atau kumur atau melakukan pengecekan lebih lanjut apakah pasien memiliki gangguan lain atau tidak.

"Tapi saya selalu sarankan untuk banyak aktivitas sehat dan banyak minun air putih dan konsumsi multivitamin," pungkas drg Rina.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik