Entri Populer

Seniman Ini Gambarkan Rasanya Mengidap Gangguan Kecemasan Lewat Komik

Written By iqbal_editing on Selasa, 18 Juli 2017 | 20.51

Terkadang sulit bagi lingkungan sekitar untuk memahami bagaimana perasaan atau persepsi pasien gangguan kejiwaan terhadap lingkungannya. Orang-orang terdekat seperti keluarga dan kerabat saja belum tentu mampu mengerti betul apa yang dirasakan oleh pasien gangguan jiwa.

Hal inilah yang mendorong Sow Ay, seorang seniman asal Prancis, untuk menggambar komik dan ilustrasi tentang bagaimana rasanya mengidap gangguan jiwa. Ya, seniman yang memilih untuk merahasiakan identitasnya ini merupakan pengidap gangguan kecemasan yang rutin melakukan terapi.

"Aku selalu merasa cemas sejak dahulu. Dan beberapa waktu lalu aku didiagnosis mengalami gangguan panik. Aku sangat takut untuk membicarakan hal ini namun ada kalanya aku tak tahan dan memilih menggambar," tutur Sow, dikutip dari Independent.

Tak hanya soal gangguan kecemasan, Sow juga menggambar komik dan ilustrasi soal gangguan jiwa lainnya seperti depresi dan gangguan bipolar. Sebabnya, antara satu gangguan jiwa dengan gangguan jiwa lainnya memiliki keterkaitan yang sama.


Komik Sow Ay memiliki misi untuk mengenalkan bagaimana rasanya menjadi pasien gangguan jiwaKomik Sow Ay memiliki misi untuk mengenalkan bagaimana rasanya menjadi pasien gangguan jiwa Foto: Sow_Ay/Tumblr

Sow menggunakan media sosial seperti Instagram, Tumblr dan Twitter untuk membagikan hasil karyanya. Tak disangka, komik dan ilustrasi buatannya mendapat perhatian dari pengidap gangguan jiwa dan masalah kejiwaan lainnya.

Ia mengaku menangis ketika mengetahui banyak pembaca komiknya yang memiliki 'periode kelam' seperti yang ia alami. Menurutnya, gangguan kecemasan membuatnya selalu merasa tidak berguna, tidak bermanfaat untuk orang lain, dan panik ketika harus berinteraksi secara sosial.

"Pada awalnya, aku tak ingin membagikan karyaku. Namun aku melakukannya juga, dengan harapan mereka mau mengerti dan mendukungku. Aku sangat beruntung karena mendapat respons yang sangat baik dari berbagai macam kalangan," tuturnya.


Sow merupakan pengidap gangguan kecemasan yang juga memiliki gejala depresi dan bipolarSow merupakan pengidap gangguan kecemasan yang juga memiliki gejala depresi dan bipolar Foto: Sow_Ay/Tumblr

Sow juga memiliki misi khusus lewat komik dan ilustrasinya. Ia ingin mematahkan kesalahpahaman soal gangguan jiwa yang dikatakan 'hanya terjadi di pikiranmu saja'. Adanya kesalahpahaman inilah yang membuat pasien gangguan jiwa sulit terbuka dan mencari pertolongan.

"Gangguan jiwa tidak bisa dikalahkan hanya dengan kemauan yang kuat. Kekuatan besar justru dibutuhkan untuk meminta bantuan orang lain dan berbicara kepadanya tentang masalah yang Anda alami," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik