Entri Populer

Pesan Dokter Untuk Mencegah Sumbing pada Bibir dan Lelangit

Written By iqbal_editing on Kamis, 27 Juli 2017 | 22.34

Kelainan bibir dan lelangit sumbing pada anak-anak masih menjadi maslah besar di Indonesia. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sumbing bibir dan lelangit menempati urutan kelima dari populasi anak-anak yang menyandang kecacatan di Indonesia.

Saat ditemui dalam acara press conference Dalam Rangka Memperingati Bulan Kewaspadaan Bibir dan Lelangit Sumbing, dokter spesialis bedah plastik, dr Kristaninta Bangun, SpBP-RE(K) memaparkan bahwa ada sekitar 150-240 pasien dengan sumbing bibir dan lelangit setiap tahunnya.

dr Kristaninta mengaku bahwa telah melakukan sekitar 24 kasus operasi sumbing setiap tahunnya. "Pendanaan untuk pasien, khusus pasien operasi sumbing di sini hampir semuanya untuk operasi free, tidak bayar," ujarnya di depan para media.


Masih besarnya angka kasus sumbing pada bibir dan lelangit, dr Prasetyanugraheni Kreshanti, SpBP-RE(K) memberikan anjuran untuk pencegahan terjadinya sumbing.

"Sebaiknya anak-anak perempuan menjaga supaya asupan nutrisinya cukup bergizi, dipastikan tidak kekurangan asam folat, vitamin B12," jelas dr Heni sapaan hangatnya.

dr Heni menyarankan untuk tidak melulu mementingkan diet untuk menurunkan berat badan, tapi lebih memperharikan nutrisi yang dikonsumsi setiap harinya.

"Makan secukupnya tapi bergizi lah. Jadi saat mereka besar nanti, mereka siap menjadi ibu dalam kondisi yang siap badannya," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, dokter spesialis fisik dan rehabilitasi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr Luh Karunia Wahyuni, SpKFR(K) juga menyarankan untuk ibu hamil memperhatikan nutrisi yang seimbang dan harus selalu dalam pengawasan dokter spesialis kandungan, serta tidak mengonsumsi obat-obatan sembarangan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik