Entri Populer

Efek bagi Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Pasien Bibir Sumbing Tak Dioperasi

Written By iqbal_editing on Kamis, 27 Juli 2017 | 22.43

Operasi umum dilakukan pada pasien cleft lip and palate (celah bibir dan langit-langit) atau dalam bahasa awam kerap disebut bibir sumbing. Namun, ketika tidak dilakukan prosedur operasi, adakah dampak fatal yang bisa terjadi?

"Kalau efek mengancam jiwa sih nggak ya. Tapi bayangkan kalau anak kita yang mengalami itu. Ketika dibiarkan, itu kan nyambung dari hidung ke mulut, tentu makan jadi sulit, bisa kesedak," kata Dr drg Nia Ayu Ismaniati, MD.Sc, SpOrt(K) kepada detikHealth.

Ditemui di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, baru-baru ini, menurut drg Nia, ketika pasien bibir sumbing tak doperasi, pastinya kondisi psikologis dialah yang amat terpengaruh. Misalnya, anak bisa diejek di sekolah karena suaranya sengau.


Sehingga, dengan mempertimbangan aspek psikologis, menurut drg Nia akan lebih baik jika kondisi bibir sumbing ini ditangani lebih dini. Lalu ketika tidak dioperasi, adakah efek kondisi bibir sumbing pada kesehatan gigi dan mulut?

"Untuk kondisi gigi dan mulut, kalau dibiarkan saja mungkin nggak masalah. Nggak masalah dalam hal ini maksudnya nggak mengancam jiwa. Tapi, gigi-gigi yang nggak bagus itu kan bisa saja memicu infeksi. Kalau giginya bertumpuk-tumpuk, makanan bisa nempel, nanti jadi lubang. Higienitasnya pun nggak terjaga," kata drg Nia.

"Intinya kalau sampai mengakibatkan dampak fatal nggak. Tapi berefek ke kualitas hidup pasien. Terjadi efek ke kesehatan gigi secara keseluruhan. Ketika kesehatan gigi secara keseluruhan terganggu, tentu kesehatan secara keseluruhan juga terpengaruh," pungkas drg Nia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik