Entri Populer

Yakin Kaus Kaki Bisa Lindungi Kaki dari Belang? Yuk Tanya Dokter

Written By iqbal_editing on Jumat, 28 Juli 2017 | 21.45

Banyak dijumpai orang-orang yang menggunakan kaus kaki ketika sedang menggunakan sepatu yang bisa mengekspos sebagian kulit dari sinar matahari. Salah satunya seperti yang lazim dilakukan oleh Widiya, seorang karyawan swasta di Jakarta.

"Udah kebiasaan pakai kaos kaki, biasanya kalau siang emang takut kepanasan dan biar nggak belang," ungkapnya kepada detikHealth, Jumat (28/7/2017).

Tapi seberapa efektifkah peran kaus kaki dalam menghalangi belang di kaki? Dihubungi melalui telepon, dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari RS Surya Husada, Bali, menjawab bahwa kaos kaki memang bisa membantu dalam menghalangi sinar UV (Ultra Violet).



Sebab, kaus kaki bisa menutupi tubuh dari pancaran sinar matahari yang membawa ultraviolet. Seperti misalnya UVB yang dikenal bisa membuat kulit menjadi menghitam.

"Tapi kaos kaki kan di kaki bawah aja, jadi dia yang dipake tertutup sama kaos kaki yang daerah itu aja ga masuk UV-nya," ungkapnya.

Tapi bukan berarti kaus kaki bisa melakukan blok secara total. Menurutnya, kaos kaki sama halnya dengan tabir surya, kaca mata, topi atau payung. Ini hanya bisa mengurangi paparan dari UV akibat sinar terik matahari.

"Itu sedikit mengurangi (sinar UV), tapi menghilangkan sama sekali belum tentu," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik