Entri Populer

Fungsi Pendengaran Menurun? Cari Tahu Dulu Kemungkinan Penyebabnya

Written By iqbal_editing on Selasa, 29 Agustus 2017 | 16.50

Bertambahnya umur seringkali mendatangkan masalah kesehatan jika kita tidak pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh. Masalah yang paling sering muncul salah satunya adalah gangguan telinga.

Gangguan telinga yang muncul pun beragam, namun kebanyakan orang masuk usia dewasa muda mengeluh dengan adanya penurunan fungsi pendengaran. Untuk mencari tahu mengenai penyebabnya, detikHealth pun menghubungi salah seorang dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo.

Ketika ditanya mengenai penyebab adanya penurunan fungsi pendengaran, Selasa (29/8/2017), Prof dr Jenny Bashiruddin, SpTHT(K), Msc, menyebutkan bahwa untuk mengetahui secara pastinya harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Harus dicari tahu dulu, kan jenis gangguan pendengaran ada dua, konduksi dan dalam," ujarnya melalui saluran telepon.
n

Gangguan konduksi adalah setiap masalah di telinga luar atau tengah yang mencegah terhantarnya bunyi dengan tepat. Penyebabnya sendiri bisa dikarenakan adanya sumbatan kotoran atau infeksi.

Sedangkan, gangguan pendengaran dalam contohnya adalah tuli mendadak yang salah satunya bisa diakibatkan oleh pengguanaan obat-obatan. Menurut American Speech-Language-Hearing Association (ASHA), obat-obatan yang bisa menyebabkan ototoksis biasanya obat untuk mengatasi infeksi serius, kanker atau penyakit jantung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik