Entri Populer

Pengamatan Psikolog: Bos First Travel Seperti Punya Gangguan Kepribadian

Written By iqbal_editing on Jumat, 25 Agustus 2017 | 17.22

Mengintip rumah Bos First Travel dengan nuansa Timur Tengah dipenuhi warna emas. Rumah pasangan Anniesa Desvitasari Hasibuan dan Andika Surachman ini bak istana megah.

Menanggapi hal ini, psikolog dari Universitas Indonesia, Bona Sardo, MPSi mengatakan bahwa berdasarkan hasil pengamatannya, Bos First Travel ini mengalami gangguan kepribadian histrionik.

"Tapi kok kalau dari gaya rumahnya, pekerjaan yang dia pilih, itu arahnya ke gangguan kepribadian histrionik deh," ujarnya kepada detikHealth, Jumat (25/8/2017).

Gangguan kepribadian hitrionik adalah gangguan kepribadian seseorang yang berfokus pada dirinya sendiri, membutuhkan sesuatu yang meriah, dan harus menjadi pusat perhatian.


Biasanya orang dengan kepribadian seperti ini semua kebutuhannya harus terpenuhi, mulai dari kebutuhan primer hingga tersier seperti barang-barang berharga.

"Kalau nggak terpenuhi jadi apa dong? Kalau sudah melakukan cara halal tapi nggak berhasil? Jangan-jangan otaknya flek-flek sedikit jadi melakukan hal-hal nggak benar, melanggar hukum, mungkin melanggar aturan-aturan," jelas Bona.

Menurut Bona, gangguan kepribadian histrionik merupakan salah satu ciri dari social climber. Yaitu meningkatkan status sosial dengan menggunakan pertemanan.

Psikolog klinis dari Klinik Personal Growth, Veronica Adesla, M.Psi, mengatakan para social climber berteman untuk mencari koneksi orang-orang dari kelas sosial lebih tinggi. Sikapnya sangat bersahabat dengan orang-orang dari kelas sosial lebih tinggi ini.

"Seorang social climber umumnya memiliki kecerdasan sosial yang baik, yang memungkinkannya untuk memanipulasi, menipu, ataupun memanfaatkan orang lain. Bentuk manipulasi dan tipuannya, bisa sangat bervariasi tergantung pada situasi dan kondisi," tuturnya.

Pada akhirnya, Bona tetap menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut secara langsung terhadap kepribadian si Bos First Travel tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik