Entri Populer

Rumah Sakit Ini Gunakan Terapi Hewan untuk Tangani Gangguan Mental

Written By iqbal_editing on Jumat, 08 September 2017 | 21.30

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Adanya gangguan kesehatan mental seperti stres, depresi, gangguan kecemasan, dan lainnya dapat membuat kualitas hidup seseorang memburuk.

Sebuah rumah sakit di Amerika Serikat, tepatnya Rumah Sakit McLean, menerapkan terapi hewan untuk membantu menangani adanya gangguan kesehatan mental pada pasien-pasiennya.

Direktur medis dari Clinical Evaluation Center (CEC) di rumah sakit tersebut, Beth L. Murphy, MD, PhD mengatakan bahwa psikolog, psikiater, dan perawat kesehatan mental lainnya yang sangat berbakat dibantu dengan relawan berkaki empat, khususnya anjing yang dapat memberikan hasil terbaik bagi pasien.

"Kita telah menemukan bahwa salah satu hal yang paling sering dialami pasien tua adalah terpikir tentang hewan peliharaan mereka. Mereka menganggapnya seperti teman. Dengan menerapkan terapi hewan, itu dapat membangkitkan banyak kenangan, banyak perasaan positif, dan rasa aman pada pasien," ujarnya dikutip dari Huffington Post.

B=
Beth mengaku bahwa banyak pasien yang mengalami gangguan depresi dan kecemasan yang datang dalam program terapi hewan ini. Menurut mereka, terapi ini yang dirasa cukup aman dan nyaman.

"Banyak individu dalam sesi ini memperhatikan bagaimana suasana hati mereka berubah secara drastis saat hewan-hewan itu ada. Perubahan ini sangat penting bagi orang-orang dengan depresi atau gangguan psikotik, karena ini membuat mereka dapat merasa bahagia lagi," imbuh Beth.

Menurut sebuah penelitian, terapi hewan untuk menangani gangguan kesehatan mental ini tidak cukup tinggi manfaatnya untuk jangka panjang. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat lebih besarnya.

"Namun, menurut perkiraan saya, manfaat jangka pendeknya saja sudah termasuk terobosan dalam pengobatan, cukup masuk akal untuk memiliki program terapi hewan," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik